Daulay, Mitra Suryani (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK PARABOLA DI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193121045_Cover.pdf
Download (43kB)
4193121045_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (759kB)
4193121045_Abstrak.pdf
Download (241kB)
4193121045_Kata_Pengantar.pdf
Download (394kB)
4193121045_Daftar_Isi.pdf
Download (272kB)
4193121045_Daftar_Tabel.pdf
Download (527kB)
4193121045_Daftar_Gambar.pdf
Download (213kB)
4193121045_Daftar_Lampiran.pdf
Download (351kB)
4193121045_BAB_I.pdf
Download (531kB)
4193121045_BAB_V.pdf
Download (419kB)
4193121045_Daftar_Pustaka.pdf
Download (399kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak parabola di SMA Swasta Prayatna Medan yang telah memenuhi kriteria pengujian kelayakan instrumen meliputi validitas isi, validitas butir soal, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan uji respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan menggunakan tahapan penelitian Borg and Gall dengan desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Karakteristik item tes dianalisis secara kuantitatif berdasarkan hasil validasi ahli danuji coba pada 30 siswa kelas X MIPA di SMA Swasta Prayatna Medan. Hasil uji validasi ahli diperoleh instrumen tes valid pada aspek isi, konstruksi dan bahasa. Pada uji validitas butir soal diperoleh 91,6% item valid. Pada uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,623 dengan kategori reliabilitas tinggi. Untuk tingkat kesukaran diperoleh nilai dengan rentang 0,467-0,700 dengan kriteria 12 butir soal dinyatakan memiliki tingkat kesukaran sedang. Uji daya beda memperoleh nilai dengan rentang 0,125-0,750 dengan kriteria 2 butir soal dinyatakan baik sekali, 8 butir soal dinyatakan baik, 1 butir soal dinyatakan cukup dan 1 butir soal dinyatakan jelek. Sedangkan untuk uji respon siswa diperoleh persentase sebesar 81,2% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian pengembangan yang telah dilakukan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa pada gerak parabola layak untuk digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Instrumen tes, berpikir kritis, gerak parabola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:25 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57325 |