PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK PARABOLA DI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN

Daulay, Mitra Suryani (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK PARABOLA DI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193121045_Cover.pdf] Text
4193121045_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4193121045_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193121045_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of 4193121045_Abstrak.pdf] Text
4193121045_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4193121045_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193121045_Kata_Pengantar.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 4193121045_Daftar_Isi.pdf] Text
4193121045_Daftar_Isi.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 4193121045_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193121045_Daftar_Tabel.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 4193121045_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193121045_Daftar_Gambar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4193121045_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193121045_Daftar_Lampiran.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 4193121045_BAB_I.pdf] Text
4193121045_BAB_I.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of 4193121045_BAB_V.pdf] Text
4193121045_BAB_V.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 4193121045_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193121045_Daftar_Pustaka.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak parabola di SMA Swasta Prayatna Medan yang telah memenuhi kriteria pengujian kelayakan instrumen meliputi validitas isi, validitas butir soal, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan uji respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan menggunakan tahapan penelitian Borg and Gall dengan desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Karakteristik item tes dianalisis secara kuantitatif berdasarkan hasil validasi ahli danuji coba pada 30 siswa kelas X MIPA di SMA Swasta Prayatna Medan. Hasil uji validasi ahli diperoleh instrumen tes valid pada aspek isi, konstruksi dan bahasa. Pada uji validitas butir soal diperoleh 91,6% item valid. Pada uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,623 dengan kategori reliabilitas tinggi. Untuk tingkat kesukaran diperoleh nilai dengan rentang 0,467-0,700 dengan kriteria 12 butir soal dinyatakan memiliki tingkat kesukaran sedang. Uji daya beda memperoleh nilai dengan rentang 0,125-0,750 dengan kriteria 2 butir soal dinyatakan baik sekali, 8 butir soal dinyatakan baik, 1 butir soal dinyatakan cukup dan 1 butir soal dinyatakan jelek. Sedangkan untuk uji respon siswa diperoleh persentase sebesar 81,2% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian pengembangan yang telah dilakukan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa pada gerak parabola layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Instrumen tes, berpikir kritis, gerak parabola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 06:25
Last Modified: 21 May 2024 06:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57325

Actions (login required)

View Item
View Item