PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN KWL CHART TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM

Shidiq, Hana Salsabila (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN KWL CHART TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191121009_Cover.pdf] Text
4191121009_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4191121009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4191121009_Abstrak.pdf] Text
4191121009_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4191121009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121009_Kata_Pengantar.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 4191121009_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121009_Daftar_Isi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4191121009_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121009_Daftar_Tabel.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4191121009_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121009_Daftar_Gambar.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4191121009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4191121009_BAB_I.pdf] Text
4191121009_BAB_I.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4191121009_BAB_V.pdf] Text
4191121009_BAB_V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4191121009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang berjumlah 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, kelas yang diambil yaitu XI MIA I sebagai kelas eksperimen dan XI MIA III sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan proses sains berbentuk essay sebanyak 10 butir soal yang telah dinyatakan valid oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 20,68 dan hasil pretest kelas kontrol 18,85. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,411 > � = 0,005, dinyatakan �� diterima atau kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 77,68 dan kelas kontrol sebesar 64,71. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,00 < � = 0,005, dinyatakan bahwa �� diterima berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning, Pembelajaran Fisika, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 06:31
Last Modified: 21 May 2024 06:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57307

Actions (login required)

View Item
View Item