Fitri, Ramadana (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN HIASAN SISWA KELAS XII SMK NEGERI 10 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113341025 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 5113341025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 5113341025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 5113341025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 5113341025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM. 5113341025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. NIM. 5113341025 TABLE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 5113341025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM. 5113341025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. NIM. 5113341025 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media pembelajaran Audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas XII Tata Busana pada mata pelajaran pembuatan hiasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di SMK Negeri 10 MEDAN. Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negri 10 Medan yang beralamat di Jalan Tengku cikditiro No 57 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Tata Busana Kelas XII yang berjumlah 3 Kelas dengan jumlah siswa 66 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XII Busana I yang berjumlah 20 siswa dan XII Busana II yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar sulam payet dalam penelitian ini menggunakan pengamatan padapembuatan hiasan sulampayet yang diaplikasikan pada jilbab dengan ukuran 110x110. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 20 orang yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran audiovisual menunjukkan rata-rata hasil yaitu 73. Sedangkan hasil belajar kelas yang diajar menggunakan media pembelajaran audiovisual yaitu 88,75. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran hasil belajar pembuatan hiasan yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran audiovisual adalah berdistribusi normal dimana 0.1143<0,190 dan data hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual adalah berdistribusi normal dimana, 0,176<0,190 dan kedua varians data adalah homogeny karena fhitung<ftabelyaitu 0,289<1,86.
Dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual lebih baik jika dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran audiovisual dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel yaitu7,83 > 1,68. Dilihatdari hasil penelitian ini, hasil belajar mata pelajaran pembuatan hiasan lebih tinggi jika diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual. Jadi terbukti ada pengaruh hasil belajar siswa antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran audiovisual. Hal ini berarti bahwa penggunakan media pembelajaran audiovisual dapat dijadikan sebagai pendamping atau alternative pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 017 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembuatan Hiasan; Media Pembelajaran; Audiovisal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 03:40 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5730 |