Silaban, Eka Setiaji (2023) PEMBUATAN DAN PENGUJIAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4183121034_Cover.pdf
Download (286kB)
4183121034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (527kB)
4183121034_Abstrak.pdf
Download (472kB)
4183121034_Kata_Pengantar.pdf
Download (545kB)
4183121034_Daftar_Isi.pdf
Download (490kB)
4183121034_Daftar_Tabel.pdf
Download (424kB)
4183121034_Daftar_Gambar.pdf
Download (417kB)
4183121034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (421kB)
4183121034_BAB_I.pdf
Download (673kB)
4183121034_BAB_V.pdf
Download (525kB)
4183121034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (467kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (i) Untuk mengetahui tingkat validitas modul berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan gelombang bunyi yang telah dikembangkan, (ii) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi gelombang bunyi, dan (iii) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fisika setelah menggunakan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan menerapkan model 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen validasi modul, angket respon siswa terhadap modul, serta angket minat belajar fisika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Tingkat validitas modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing yang dihasilkan berada pada kriteria sangat valid, (ii)Tingkat kepraktisan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing yang dihasilkan berada pada kriteria praktis dan (iii) Peningkatan minat belajar fisika peserta didik kelas XI MIA-1 SMAN 1 Namorambe adalah sebesar 0,31 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, modul pembelajaran fisika yang dihasilkan layak untuk diproduksi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model inkuiri terbimbing, modul, minat belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:23 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57298 |