PEMBUATAN DAN PENGUJIAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA

Silaban, Eka Setiaji (2023) PEMBUATAN DAN PENGUJIAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183121034_Cover.pdf] Text
4183121034_Cover.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 4183121034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183121034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 4183121034_Abstrak.pdf] Text
4183121034_Abstrak.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 4183121034_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183121034_Kata_Pengantar.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 4183121034_Daftar_Isi.pdf] Text
4183121034_Daftar_Isi.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 4183121034_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183121034_Daftar_Tabel.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 4183121034_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183121034_Daftar_Gambar.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 4183121034_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183121034_Daftar_Lampiran.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 4183121034_BAB_I.pdf] Text
4183121034_BAB_I.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of 4183121034_BAB_V.pdf] Text
4183121034_BAB_V.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 4183121034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183121034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (i) Untuk mengetahui tingkat validitas modul berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan gelombang bunyi yang telah dikembangkan, (ii) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi gelombang bunyi, dan (iii) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fisika setelah menggunakan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan menerapkan model 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen validasi modul, angket respon siswa terhadap modul, serta angket minat belajar fisika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Tingkat validitas modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing yang dihasilkan berada pada kriteria sangat valid, (ii)Tingkat kepraktisan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing yang dihasilkan berada pada kriteria praktis dan (iii) Peningkatan minat belajar fisika peserta didik kelas XI MIA-1 SMAN 1 Namorambe adalah sebesar 0,31 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, modul pembelajaran fisika yang dihasilkan layak untuk diproduksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model inkuiri terbimbing, modul, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 06:23
Last Modified: 21 May 2024 06:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57298

Actions (login required)

View Item
View Item