PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF FISIKA BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 14 MEDAN

Khairina, Devi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF FISIKA BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191121018_Cover.pdf] Text
4191121018_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4191121018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (785kB)
[thumbnail of 4191121018_Abstrak.pdf] Text
4191121018_Abstrak.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4191121018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121018_Kata_Pengantar.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of 4191121018_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121018_Daftar_Isi.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 4191121018_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121018_Daftar_Tabel.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4191121018_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121018_Daftar_Gambar.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4191121018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4191121018_BAB_I.pdf] Text
4191121018_BAB_I.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of 4191121018_BAB_V.pdf] Text
4191121018_BAB_V.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4191121018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian.ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis software articulate storyline menguji kelayakan media yang dikembangkan, mengetahui respon siswa terhadap media yang dikembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model desain pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI di SMA Negeri 14 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, instrumen wawancara, angket respon siswa dan instrumen tes. Berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, penilaian oleh ahli media adalah sebesar 86% dengan kriteria sangat layak dan penilaian oleh ahli pengguna (guru) adalah sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Keefektifan multimedia pebelajaran interaktif memperoleh nilai yang dihitung dengan gain sebesar 0,43. Hasil tersebut termasuk dalam kategori sedang dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interktif berbasis software articulate storyline yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran fisika dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: media Pembelajaran Interaktif, 4D, Articulate Storyline 3
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 04:28
Last Modified: 21 May 2024 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57295

Actions (login required)

View Item
View Item