Putri, Lia Agustia (2023) Pengembangan Media Video Animasi Berbantan Aplikasi Doratoon Pada Pembelajaran Sejarah Materi Kedatangan Islam ke Nusantara Kelas X SMA Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3193321022_Cover.pdf
Download (273kB)
3193321022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (174kB)
3193321022_Abstrak.pdf
Download (246kB)
3193321022_Kata_Pengantar.pdf
Download (578kB)
3193321022_Daftar_Isi.pdf
Download (462kB)
3193321022_Daftar_Gambar.pdf
Download (246kB)
3193321022_Daftar_Tabel.pdf
Download (344kB)
3193321022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (386kB)
3193321022_BAB_I.pdf
Download (592kB)
3193321022_BAB_V.pdf
Download (270kB)
3193321022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (511kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan media video animasi berbantuan aplikasi doratoon pada pembelajaran sejarah materi kedatangan Islam ke nusantara kelas X SMA Negeri 10 Medan. 2) mengetahui efektivitas media video animasi berbantuan aplikasi doratoon pada pembelajaran sejarah materi kedatangan Islam ke nusantara kelas X SMA Negeri 10 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media video animasi berbantuan aplikasi doratoon pada pembelajaran sejarah materi kedatangan Islam ke Nusantara kelas X SMA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan ialah angket dan tes. Angket ditujukan kepada ahli materi, ahli media, dan peserta didik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media video animasi berbantuan aplikasi doratoon layak digunakan dengan hasil skor ahli materi 88,57% dengan kategori Sangat Layak, ahli media 90% dengan kategori Sangat Layak, uji coba peserta didik kelompok kecil 84% dengan kategori Sangat Layak dan Uji coba peserta didik kelompok besar 81,09% dengan kategori Sangat Layak. Uji efektivitas dengan pelaksanaan tes soal pilihan ganda dilakukan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) media diimplementasikan. Hasil rata-rata peserta didik sebelum media diimplementasikan (pre-test) yaitu 31,33 dan hasil nilai rata-rata setelah media diimplementasikan (post-test) yaitu 80,33. Hal ini menunjukkan bahwa nilai post-test lebih baik daripada nilai pre-test. Maka terdapat peningkatan terhadap penggunaan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Dengan demikian media video animasi berbantuan aplikasi doratoon dinyatakan layak dan efektif diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media; video animasi; doratoon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 21 May 2024 04:09 |
Last Modified: | 21 May 2024 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57290 |