Analisis Kesulitan Berpikir Pola Dan Keterampilan Algoritma Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Penerapan Model Problem Based Learning

Pasaribu, Rosalinda (2023) Analisis Kesulitan Berpikir Pola Dan Keterampilan Algoritma Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Penerapan Model Problem Based Learning. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172017_Cover.pdf] Text
8206172017_Cover.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 8206172017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of 8206172017_Abstrak.pdf] Text
8206172017_Abstrak.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8206172017_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172017_Daftar_Isi.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 8206172017_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172017_Daftar_Tabel.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 8206172017_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172017_Daftar_Gambar.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 8206172017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206172017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8206172017_BAB_I.pdf] Text
8206172017_BAB_I.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 8206172017_BAB_V.pdf] Text
8206172017_BAB_V.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 8206172017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (199kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis berpikir pola dan keterampilan algoritma matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model problem based learning di kelas VIII MTs Negeri 2 Medan. Model embelajaran berbasis masalah diterapkan pada kelas penelitian disebabkan sekolah masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang valid, reliabel, terdapat daya pembeda dan tingkat kesukaran berdasarkan validasi ahli maupun empiris. Tes kemampuan berpikir pola dan keterampilan algoritma matematis siswa diikuti oleh 31 siswa yang telah mengikuti pembelajaran menggunakan model problem based learning. Analisis data hasil tes kemampuan berpikir pola dan berpikir algoritma matematis siswa dan hasil wawancara, dilakukan dengan langkah-langkah analisis data menurut Sugiyono. Reduksi data pada penelitian ini yaitu menyederhanakan hasil wawancara kedalam susunan yang baik dan membuang beberapa hal yang tidak perlu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah didapat bahwa dari 31 siswa terdapat 5 siswa yang memiliki kemampuan berpikir pola matematis kategori tinggi, 13 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 13 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator (1) menganalisis masalah yaitu kategori tinggi; indikator (2) melakukan manipulasi matematika yaitu kategori tinggi; (3) menarik kesimpulan yaitu kategori sedang dan (4) membuat generalisasi yaitu kategori rendah. (2) Keterampilan algoritma siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah didapat bahwa dari 31 siswa terdapat 4 siswa yang memiliki kemampuan berpikir algoritma matematis kategori tinggi, 13 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 14 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator menguraikan masalah yaitu kategori sedang; indikator mengetahui pola jawaban dari masalah yang ada yaitu kategori sedang; indikator menentukan urutan awal pemecahan masalah yaitu kategori rendah dan menerapkan keterampilan algoritma matematis yaitu kategori rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 518.107 2 Pas a
Keywords: Analisis, Berfikir Pola, Keterampilan Algoritma Matematis, Kesulitan Siswa, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 03:58
Last Modified: 21 May 2024 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57277

Actions (login required)

View Item
View Item