Pasaribu, Rosalinda (2023) Analisis Kesulitan Berpikir Pola Dan Keterampilan Algoritma Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Penerapan Model Problem Based Learning. Masters thesis, UNIMED.
8206172017_Cover.pdf
Download (102kB)
8206172017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (502kB)
8206172017_Abstrak.pdf
Download (120kB)
8206172017_Daftar_Isi.pdf
Download (229kB)
8206172017_Daftar_Tabel.pdf
Download (170kB)
8206172017_Daftar_Gambar.pdf
Download (58kB)
8206172017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (86kB)
8206172017_BAB_I.pdf
Download (371kB)
8206172017_BAB_V.pdf
Download (147kB)
8206172017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (199kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis berpikir pola dan keterampilan algoritma matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model problem based learning di kelas VIII MTs Negeri 2 Medan. Model embelajaran berbasis masalah diterapkan pada kelas penelitian disebabkan sekolah masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang valid, reliabel, terdapat daya pembeda dan tingkat kesukaran berdasarkan validasi ahli maupun empiris. Tes kemampuan berpikir pola dan keterampilan algoritma matematis siswa diikuti oleh 31 siswa yang telah mengikuti pembelajaran menggunakan model problem based learning. Analisis data hasil tes kemampuan berpikir pola dan berpikir algoritma matematis siswa dan hasil wawancara, dilakukan dengan langkah-langkah analisis data menurut Sugiyono. Reduksi data pada penelitian ini yaitu menyederhanakan hasil wawancara kedalam susunan yang baik dan membuang beberapa hal yang tidak perlu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah didapat bahwa dari 31 siswa terdapat 5 siswa yang memiliki kemampuan berpikir pola matematis kategori tinggi, 13 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 13 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator (1) menganalisis masalah yaitu kategori tinggi; indikator (2) melakukan manipulasi matematika yaitu kategori tinggi; (3) menarik kesimpulan yaitu kategori sedang dan (4) membuat generalisasi yaitu kategori rendah. (2) Keterampilan algoritma siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah didapat bahwa dari 31 siswa terdapat 4 siswa yang memiliki kemampuan berpikir algoritma matematis kategori tinggi, 13 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 14 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator menguraikan masalah yaitu kategori sedang; indikator mengetahui pola jawaban dari masalah yang ada yaitu kategori sedang; indikator menentukan urutan awal pemecahan masalah yaitu kategori rendah dan menerapkan keterampilan algoritma matematis yaitu kategori rendah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 518.107 2 Pas a |
Keywords: | Analisis, Berfikir Pola, Keterampilan Algoritma Matematis, Kesulitan Siswa, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:58 |
Last Modified: | 21 May 2024 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57277 |