Purba, Boy David (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193121021_Cover.pdf
Download (221kB)
4193121021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (314kB)
4193121021_Abstrak.pdf
Download (334kB)
4193121021_Kata_Pengantar.pdf
Download (229kB)
4193121021_Daftar_Isi.pdf
Download (173kB)
4193121021_Daftar_Tabel.pdf
Download (242kB)
4193121021_Daftar_Gambar.pdf
Download (142kB)
4193121021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (166kB)
4193121021_BAB_I.pdf
Download (443kB)
4193121021_BAB_V.pdf
Download (330kB)
4193121021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (336kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi fluida dinamis di SMA Negeri 1 Batang Kuis. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen non-tes. Instrumen tes yang digunakan berupa soal essay sebanyak 5 soal yang terlebih dahulu divalidkan untuk kedua kelas sampel dan instrumen non-tes berupa lembar observasi keterampilan dan aktivitas siswa untuk kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 37,37 dan kelas kontrol sebesar 35,77. Hasil uji hipotesis data pretes mengunakan uji t pada taraf signifikasi � = 0,05 diperoleh bahwa kemampuan awal kedua sampel sama. Kemudian dilakukan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET untuk kelas ekperimen dan model konvensional untuk kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan, maka dilakukan postes terhadap dua kelas sampel. Rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 83,31 dan kelas kontrol sebesar 70,51. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar mengunakan model pembelajaran inkuri terbimbing berbantuan PhET dan model konvensional, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET terhadap hasil belajar yang disertai dengan penilaian keterampilan dan aktivitas belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, PhET, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:56 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57276 |