Suryani, Nenni (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SEMESTER 2. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146173015 COVER.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
2. NIM 8146173015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM 8146173015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM 8146173015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM 8146173015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM 8146173015 TABLES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM 8146173015 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM 8146173015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. NIM 8146173015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
13. NIM 8146173015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 8146173015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui kelayakan materi literasi sains pada LKS berbasis Literasi Sains yang dikembangkan berdasarkan tim ahli materi pembelajaran; (2). Mengetahui kelayakan desain pembelajaran berliterasi sains dan pada LKS berbasis Literasi Sains yang dikembangkan berdasarkan tim ahli desain pembelajaran; (3)Mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap LKS berbasis Literasi Sains pada pembelajaran biologi kelas XI IPA SMA semester 2 yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi enam tahapan, yaitu: (1) Melakukan penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan produk; (3) Pengumpulan bahan; (4) Pengembangan produk awal; (5) Validasi produk; (6) Revisi dan Uji coba. Subjek uji coba terdiri dari tim ahli materi, ahli desain, 4 guru biologi SMA N 1 Padangsidimpuan, 6 siswa SMA N 1 Padangsidimpuan kelas XI IPA pada uji coba perorangan, 32 siswa SMA N 1 Padangsidimpuan kelas XI IPA pada uji coba kelompok kecil dan 128 siswa SMA N 1 Padangsidimpuan kelas XI IPA pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Dari segi materi, validator mengkategorikan LKS berada pada tingkat sangat baik/layak (86,54%); (2) Dari segi desain, validator mengkategorikan LKS berada pada tingkat sangat baik (87,04%); (3) Berdasarkan penilaian guru biologi LKS berada pada kategori sangat baik/layak” (91,15%); (4)Hasil Uji coba perorangan berada pada kriteria “baik” (79,89%); (5) Hasil Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “ baik” (80,43%); Hasil Uji coba kelompok lapangan terbatas berada pada kriteria “sangat baik” (82,85%), sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis literasi sains pada pembelajaran biologi kelas XI IPA semester 2 yang dikembangkan dikategorikan sangat baik/ layak dan sehingga bisa digunakan sebagai bahan ajar alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi sehingga siswa mampu menghubungkan dan mengaplikasikan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sur p |
Keywords: | Literasi sains; Pembelajaran biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 03:25 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5727 |