PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 1 MEDAN

Nasution, Asyifah Regina Finkan (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183321002_Cover.pdf] Text
4183321002_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4183321002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183321002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of 4183321002_Abstrak.pdf] Text
4183321002_Abstrak.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4183321002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183321002_Kata_Pengantar.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 4183321002_Daftar_Isi.pdf] Text
4183321002_Daftar_Isi.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4183321002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183321002_Daftar_Tabel.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4183321002_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183321002_Daftar_Gambar.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4183321002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183321002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4183321002_BAB_I.pdf] Text
4183321002_BAB_I.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 4183321002_BAB_V.pdf] Text
4183321002_BAB_V.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4183321002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183321002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model discovery learning pada pokok bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA MAN 1 Medan T.P 2023/2024. Teknik pemilihan sampel diambil dengan teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 2 (eksperimen) diterapkan model discovery learning dimana terdiri dari 39 siswa dan kelas XI MIPA 3 (kontrol) dengan pembelajaran konvensional yang terdiri dari 39 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes berbentuk essay sebanyak 10 soal. Tahap pertama yang dilakukan adalah memberi pretes kepada kedua kelas, untuk kelas eksperimen diperoleh hasil rata-rata pretes sebesar 36,82% dan kelas kontrol sebesar 36,26%. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelas, peneliti memberikan postes dan hasil yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 78,77% dan kelas kontrol sebesar 47,59%. Hasil pengolahan data akhir postes diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka dari itu Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 03:35
Last Modified: 21 May 2024 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57262

Actions (login required)

View Item
View Item