Sipahutar, Angelson Fery Estomihi (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193321005_Cover.pdf
Download (116kB)
4193321005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (387kB)
4193321005_Abstrak.pdf
Download (133kB)
4193321005_Kata_Pengantar.pdf
Download (184kB)
4193321005_Daftar_Isi.pdf
Download (189kB)
4193321005_Daftar_Tabel.pdf
Download (106kB)
4193321005_Daftar_Gambar.pdf
Download (171kB)
4193321005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (106kB)
4193321005_BAB_I.pdf
Download (255kB)
4193321005_BAB_V.pdf
Download (111kB)
4193321005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (284kB)
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merujuk pada proses berpikir siswa pada tingkat kognitif yang lebih tinggi, yang berkembang dari berbagai konsep dan metode kognitif serta taksonomi pembelajaran, seperti metode pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMAN 5 Medan, penilaian saat ini belum memprioritaskan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes yang dapat mengukur keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik dengan tingkat validitas dan reliabilitas yang tinggi. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Secara ringkas, langkah-langkah dalam pengembangan ini mencakup 1) identifikasi dan analisis masalah. 2) perancangan instrumen tes pemecahan masalah. 3) pengembangan instrumen tes pemecahan masalah hingga mencapai tingkat yang layak. 4) pengujian instrumen tes pemecahan masalah pada skala kecil dan besar. 5) analisis validitas instrumen tes dan kualitas butir tes. Hasil dari penelitian ini adalah instrumen tes pemecahan masalah yang dikembangkan dalam bentuk uraian, memenuhi kriteria instrumen tes yang berkualitas, dan butir-butir tes yang memadai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Intrumen pembelajaran; Pemecahan masalah; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:31 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57259 |