PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN

Sipahutar, Angelson Fery Estomihi (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193321005_Cover.pdf] Text
4193321005_Cover.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4193321005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 4193321005_Abstrak.pdf] Text
4193321005_Abstrak.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4193321005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321005_Kata_Pengantar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4193321005_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321005_Daftar_Isi.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4193321005_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193321005_Daftar_Tabel.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4193321005_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321005_Daftar_Gambar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4193321005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4193321005_BAB_I.pdf] Text
4193321005_BAB_I.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4193321005_BAB_V.pdf] Text
4193321005_BAB_V.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193321005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (284kB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merujuk pada proses berpikir siswa pada tingkat kognitif yang lebih tinggi, yang berkembang dari berbagai konsep dan metode kognitif serta taksonomi pembelajaran, seperti metode pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMAN 5 Medan, penilaian saat ini belum memprioritaskan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes yang dapat mengukur keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik dengan tingkat validitas dan reliabilitas yang tinggi. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Secara ringkas, langkah-langkah dalam pengembangan ini mencakup 1) identifikasi dan analisis masalah. 2) perancangan instrumen tes pemecahan masalah. 3) pengembangan instrumen tes pemecahan masalah hingga mencapai tingkat yang layak. 4) pengujian instrumen tes pemecahan masalah pada skala kecil dan besar. 5) analisis validitas instrumen tes dan kualitas butir tes. Hasil dari penelitian ini adalah instrumen tes pemecahan masalah yang dikembangkan dalam bentuk uraian, memenuhi kriteria instrumen tes yang berkualitas, dan butir-butir tes yang memadai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Intrumen pembelajaran; Pemecahan masalah; Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 03:31
Last Modified: 21 May 2024 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57259

Actions (login required)

View Item
View Item