Juliana, Rita (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Perawatan Kulit Wajah Berpigmentasi Secara Manual Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5151144025 COVER.pdf
Download (128kB)
2. NIM. 5151144025 APPROVAL SHEET.pdf
Download (527kB)
3. NIM. 5151144025 ABSTRACT.pdf
Download (114kB)
4. NIM. 5151144025 PREFACE.pdf
Download (225kB)
5. NIM. 5151144025 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (148kB)
6. NIM. 5151144025 LIST OF FIGURES.pdf
Download (142kB)
7. NIM. 5151144025 LIST OF TABLES.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 5151144025 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (114kB)
9. NIM. 5151144025 CHAPTER I.pdf
Download (395kB)
13. NIM. 5151144025 CHAPTER V.pdf
Download (206kB)
14. NIM. 5151144025 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (143kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar perawatan kulit wajah berpigmentasi secara manual dengan media pembelajaran modul pada siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan, (2) Untuk mengetahui hasil belajar perawatan kulit wajah berpigmentasi secara manual dengan media pembelajaran video tutorial pada siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan, (3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar perawatan kulit wajah berpigmentasi secara manual dengan media pembelajaran modul pada siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 60 siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan media pembelajaran video tutorial sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol yang diajar dengan media pembelajaran modul sebanyak 30 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Uji instrumen dilakukan di SMK Negeri 8 Medan, dengan tes pililhan berganda berjumlah 50 soal, dan terdapat sebanyak 44 soal yang valid dan 6 soal yang tidak valid. Soal yang dinyatakan valid digunakan untuk memperoleh data penelitian di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan uji persyaratan analisis yaitu, uji normalitas data dan uji homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar perawatan kulit wajah berpigmentasi secara manual yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial diperoleh nilai rata-rata 85,76, dengan standar deviasi 4.75, dengan tingkat kecenderungan nilai siswa pada kategori baik sebanyak 63.33%. sedangkan pada kelas kontrol yang diajarakan menggunakan media pembelajaran modul diperoleh nilai rata-rata 73,8 , dengan standar deviasi 8,36 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori rendah sebanyak 40.00%. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel atau 7,20 > 2,00 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar perawatan kulit wajah berpigmentasi secara manual siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan teruji kebenarannya. Hal ini berarti hasil belajar perawatan kulit wajah berpigmentasi secara manual dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Video Tutorial; Hasil Belajar Perawatan Kulit Wajah Berpigmentasi Secara Manual |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 02:51 |
Last Modified: | 21 May 2024 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57222 |