Pengembangan Media Interaktif Berbasis Project Based Learning Pada Element Rias Wajah Khusus Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan SPA SMK Negeri 1 Takengon

Putri, Gemasih Sab (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Project Based Learning Pada Element Rias Wajah Khusus Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan SPA SMK Negeri 1 Takengon. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206122008_Cover.pdf] Text
8206122008_Cover.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 8206122008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206122008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206122008_Abstrak.pdf] Text
8206122008_Abstrak.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 8206122008_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206122008_Kata_Pengantar.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 8206122008_Daftar_Isi.pdf] Text
8206122008_Daftar_Isi.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 8206122008_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206122008_Daftar_Tabel.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of 8206122008_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206122008_Daftar_Gambar.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 8206122008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206122008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 8206122008_BAB_I.pdf] Text
8206122008_BAB_I.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of 8206122008_BAB_V.pdf] Text
8206122008_BAB_V.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 8206122008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206122008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (544kB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman berpengaruh pada dunia pendidikan, perlu dikembangkan media pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media interaktif berbasis Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
interaktif dan mengetahui kelayakan dan keefektifan produk media interaktif berbasis Project Based Learning pada element rias wajah. Metode penelitian adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan dengan model Borg and
Gall dengan 10 langkah yaitu Melakukan Penelitian endahuluan dan Pengumpulan Informasi, Melakukan Perencanaan, Mengembangkan Produk Awal, Melakukan Uji Lapangan Permulaan, Melakukan Revisi terhadap Produk Utama, Melakukan Uji Lapangan, Melakukan Revisi terhadap Produk Operasional, Melakukan Uji Coba Lapangan, dan Melakukan Revisi terhadap Produk Akhir Hasil penelitian pengembangan diperoleh media interaktif berbasis Project Based Learning yang sangat layak oleh ahli media dengan rata-rata (4,25), ahli materi (4,28), dan ahli desain (4,61) serta uji coba lapangan terhadap siswa dengan rata-rata (4,13) tergolong tinggi. Dalam mengukur tingkat efektivitas menggunakan N-gain score
yaitu 0.63 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data, media pembelajaran ini dapat digunakan untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Put p
Keywords: Media Interktif, Project Based Learning, Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 02:30
Last Modified: 21 May 2024 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57221

Actions (login required)

View Item
View Item