PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN PERSONALITY DEVELOPMENT BERBASIS PSIKOLOGI DI PENDIDIKAN VOKASI POLITEKNIK NEGERI MEDAN

Sunarto (2023) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN PERSONALITY DEVELOPMENT BERBASIS PSIKOLOGI DI PENDIDIKAN VOKASI POLITEKNIK NEGERI MEDAN. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 816611004 COVER.pdf] Text
1. NIM. 816611004 COVER.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 2. NIM. 816611004 ABSTRAK.pdf] Text
2. NIM. 816611004 ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 8. NIM. 816611004 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf] Text
8. NIM. 816611004 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of 3. NIM. 816611004 KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. NIM. 816611004 KATA PENGANTAR.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of 4. NIM. 816611004 DAFTAR ISI.pdf] Text
4. NIM. 816611004 DAFTAR ISI.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of 6. NIM. 816611004 DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 816611004 DAFTAR TABEL.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of 7. NIM. 816611004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
7. NIM. 816611004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 9. NIM. 816611004 BAB I.pdf] Text
9. NIM. 816611004 BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 816611004 BAB V.pdf] Text
13. NIM. 816611004 BAB V.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 9. NIM. 816611004 BAB I.pdf] Text
9. NIM. 816611004 BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 14. NIM. 816611004 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 816611004 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (762kB)

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan model konseptual, model teoritis, model hipotetik, dan model akhir semuanya tercakup dalam model pengembangan. Model konseptual adalah model analitis yang mencantumkan bagian-bagian penyusun produk, memeriksa secara menyeluruh satu per satu, dan mengilustrasikan hubungan timbal balik yang akan dibangun. Agar unsur - unsur ini berfungsi di masyarakat yang lebih luas, diperlukan penelitian untuk memverifikasi keefektifannya. Kajian ini berjenis analisis kebutuhan dengan menggunakan metodologi survei, kualitatif atau menggunakan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik, kelayakan dan efektivitas pengembangan model manajemen pelatihan personality development berbasis psikologi di pendidikan vokasi Politeknik Negeri Medan. Tahap studi pendahuluan menuntut peneliti untuk melakukan wawancara, observasi dan FGD guna untuk menggali data awal yang selanjutnya akan menentukan model, setelah data awal terkumpul dan telah dilakukan analisis kebutuhan melalui wawancara, observasi dan FGD serta teori yang ada, maka ditentukanlah sebuah model yang sesuai untuk mengatasi permasalahan pelayanan pendidikan, yaitu model manajemen pelatihan personality development berbasis psikologi. Uji coba kecil, sedang dan luas bertempat di pendidikan vokasi Politeknik Negeri Medan untuk menggali informasi dengan mengumpulkan instrumen penelitian perbaikan model manajemen pelatihan personality development berbasis psikologi dan seterusnya dilakukan revisi draf model. Revisi model dilakukan setelah tahap uji secara total dilakukan, data dan informasi dikumpulkan untuk dilakukan revisi dan perbaikan. Selanjutnya dapat dilakukan penyempurnaan model setelah data diperoleh. Uji kelayakan dari model hipotetik tersebut mendapatkan nilai dari keseluruhan responden adalah 81,94 maka rancangan produk teruji. Selain itu rancangan sistem para pakar/ahli psikologi dan manajemen pendidikan telah teruji dengan nilai 87,20. Berarti secara kuantitatif rancangan model manajemen pelatihan personality development berbasis psikologi sudah dianggap layak untuk diimplementasikan. Efektivitas pengembangan model manajemen pelatihan personality development berbasis psikologi terdapat perbedaan Pre Test - Post Test uji coba skala kecil, uji coba skala sedang maupun uji coba lapangan secara luas menunjukkan bahwa pada kelompok perlakuan terdapat perbedaan yaitu sangat efektif dengan rerata aspek pengetahuan sebesar 85,625, aspek kepribadian sebesar 85,12 dan aspek produktivitas sebesar 84,37. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 370.15 Sun p
Keywords: Manajemen Pendidikan, Pelatihan Development, Psikologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 May 2024 09:11
Last Modified: 20 May 2024 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57192

Actions (login required)

View Item
View Item