Rangkuti, Maulidani Putri (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111019_Cover.pdf
Download (25kB)
4191111019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (179kB)
4191111019_Abstrak.pdf
Download (243kB)
4191111019_Kata_Pengantar.pdf
Download (145kB)
4191111019_Daftar_Isi.pdf
Download (123kB)
4191111019_BAB_I.pdf
Download (363kB)
4191111019_BAB_V.pdf
Download (281kB)
4191111019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (165kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui adakah pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan berbantuan Canva sebagai video pembelajaran. (2) Mendeskripsikan proses penyelesaian
jawaban siswa terkait kemampuan komunikasi matematis setelah diterapkan model Discovery Learning berbantuan Canva. Penelitian ini termasuk ke dalam kategori eksperimen semu dengan desain penelitian the one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMPN 2 Deli Tua T.A 2023/2024 dengan sampel kelas IX-4 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan metode cluster random sampling. Instrument tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model Discovery
Learning berbantuan Canva pada materi Lingkaran. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan: (1) analisis uji hipotesis regresi linear sederhana yang dilakukan dengan melakukan uji prasyarat terlebih dahulu maka didapatkan nilai yakni yang mengakibatkan diterima yang berarti model Discovery Learning berbantuan Canva memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapun besar pengaruh model Discovery Learning dengan berbantuan Canva terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas IX SMPN 2 Deli Tua yaitu sebesar 64,5% yang dihitung melalui uji koefisien determinan. (2) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam memahami kemampuan komunikasi matematis lebih baik dengan menggunakan model Discovery Learning. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan Canva dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ran p |
Keywords: | Discovery learning; Komunikasi matematis; Canva; Koefisien determinasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2024 08:48 |
Last Modified: | 20 May 2024 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57178 |