PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VII SMP SWASTA KATOLIK TRISAKTI 1 MEDAN

Sitohang, Mario Antonius (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VII SMP SWASTA KATOLIK TRISAKTI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111021_Cover.pdf] Text
4193111021_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 4193111021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 4193111021_Abstrak.pdf] Text
4193111021_Abstrak.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4193111021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111021_Kata_Pengantar.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 4193111021_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111021_Daftar_Isi.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4193111021_BAB_I.pdf] Text
4193111021_BAB_I.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4193111021_BAB_V.pdf] Text
4193111021_BAB_V.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4193111021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Katolik Trisakti 1 Medan T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (post-test) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 82,53, sedangkan pada kelas kontrol hasil rata-rata skor tes akhir siswa yaitu sebesar 70,43. Pada uji hipotesis, diperoleh hasil analisis regresi sederhana �=87,715+0,074�. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung 6,33 dan Ftabel 4,17. Karena �ℎ�����>������, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka diperoleh kesimpulan yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas VII SMP Swasta Katolik Trisakti 1 Medan. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan metakognitif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sit p
Keywords: Kemampuan metakognitif; Problem based learning; Pembelajaran konvensional; Rasio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2024 07:51
Last Modified: 20 May 2024 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57174

Actions (login required)

View Item
View Item