PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Ariani, Lisa (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311001_Cover.pdf] Text
4193311001_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4193311001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4193311001_Abstrak.pdf] Text
4193311001_Abstrak.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 4193311001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311001_Kata_Pengantar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4193311001_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311001_Daftar_Isi.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4193311001_BAB_I.pdf] Text
4193311001_BAB_I.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4193311001_BAB_V.pdf] Text
4193311001_BAB_V.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 4193311001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning dan pendekatan saintifik berbasis lesson study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 4 Tebing Tinggi T.A 2022/2023 sejumlah 38 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siswa diberikan tes awal pada saat pra-tindakan dan diakhir disetiap siklusnya diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Model PBL dan pendekatan saintifik berbasis lesson study dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa jika guru menguasai dan dapat menggunakannya dengan baik sesuai langkah-langkah, (2) Penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 34,37% dari 47,47% pada akhir siklus I menjadi 82,04% pada akhir siklus II, (3) Penerapan model PBL dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa sebesar 63,16% dari 23,68% pada akhir siklus I meningkat menjadi 86,84% pada akhir siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Ari p
Keywords: Pemecahan masalah; Problem based learning; Pendekatan saintifik; Lesson study
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2024 07:43
Last Modified: 20 May 2024 07:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57171

Actions (login required)

View Item
View Item