Sitinjak, Chatrina Stephany (2020) Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pengantar Survey Pemetaan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133111009 COVER.pdf
Download (99kB)
2. NIM5133111009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (696kB)
3. NIM 5133111009 ABSTRACT.pdf
Download (283kB)
4. NIM 5133111009 PREFACE.pdf
Download (171kB)
5. NIM 5133111009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (96kB)
6. NIM 5133111009 TABLE.pdf
Download (33kB)
7. NIM 5133111009 ILUSTRATION.pdf
Download (33kB)
8. NIM 513311009 APPENDICES.pdf
Download (34kB)
9. NIM 5133111009 CHAPTER I.pdf
Download (556kB)
13. NIM 5133111009 CHAPTER V.pdf
Download (237kB)
14. NIM 5133111009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (142kB)
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar Pengantar Survey Pemetaan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut sei Tuan belum optimal sesuai dengan standart keberhasilan yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pengantar Survey Pemetaan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut sei Tuan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pembelajaran demonstrasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Geomatika yang berjumlah 32 orang. Dari hasil penelitian aktivitas belajar pada siklus I didapatkan hasil 27 orang siswa (84,38 %) siswa dalam kategori aktif sementara pada siklus II didapatkan hasil 32 orang siswa (100%) yang memperoleh kategori aktif maka peningkatan yang terjadi antara siklus I dan II adalah sebesar 15,63%. Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus I didapatkan hasil 23 siswa (71,88%) dalam kategori tuntas dengan rata – rata nilai 78,31 sementara pada siklus II didapatkan hasil 32 orang siswa (100%) dalam kategori tuntas dengan rata-rata nilai 85,65 maka peningkatan yang terjadi antara siklus I dan II adalah sebesar 28,12% . Maka dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar survey pemetaan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas belajar; hasil belajar; metode pembelajaran demonstrasi; pengantar survey pemetaan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:23 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57165 |