PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR MERUBAH POLA BLUS PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3TEBING TINGGI.

Fitra, Rizka Aulia (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR MERUBAH POLA BLUS PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5113143037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5113143037 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5113143037 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5113143037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5113143037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5113143037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5113143037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113143037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5113143037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5113143037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5113143037 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5113143037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5113143037 GRAPHIC LIST.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5113143037 GRAPHIC LIST.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5113143037 TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5113143037 TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5113143037 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5113143037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5113143037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 5113143037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5113143037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5113143037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 5113143037 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 5113143037 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui hasil belajar merubah pola blus dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. 2) Untuk mengetahui hasil belajar merubah pola blus setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. 3) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh hasil belajarmerubah pola blus setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi, Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak dua kelas dengan jumlah 60 siswa.Teknik pengambilan sample menggunakanTotal Sampelyaitu Teknik pengambilan sampel dengan yakni menentukan kelas secara acak untuk menetukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas XI6 dan Kelas XI7,dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar merubah pola blus pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi untuk kelas eksperimen cenderung tinggi yaitu 93,33%. Dan tingkat kecenderungan hasil belajar merubah pola blus untuk kelas kontrol cenderung tinggi namun hanya50%.Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 30, di peroleh data hasil belajar desain busana kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung<Ltabel(0,117< 0,161) dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung<Ltabel(-0,119<0,161).Uji homogenitas, diperoleh Fhitung<Ftabel (0,27< 1,86) sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t di peroleh nilai thitungsebesar 5,635dan ttabelpada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 sebesar 1,671. Dengan demikian thitung>ttabel(5,635> 1,671).Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Merubah Pola Blus Pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan project based learning baik digunakan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi terutama dalam mata pelajaran pembuatan pola

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BSN 005
Keywords: Model Pembelajaran; Project Based Learning; Merubah Pola Blus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Jun 2016 01:22
Last Modified: 13 Jun 2016 01:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5711

Actions (login required)

View Item
View Item