-, Saprijal (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 13 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5161131040 COVER.pdf
Download (58kB)
02. NIM. 5161131040 APPROVAL SHETT.pdf
Download (1MB)
03. NIM. 5161131040 ABSTRAK.pdf
Download (131kB)
04. NIM. 5161131040 PREFACE.pdf
Download (291kB)
05. NIM. 5161131040 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (202kB)
06. NIM. 5161131040 LIST OF TABLES.pdf
Download (171kB)
07. NIM. 5161131040 ILLUSTRATION.pdf
Download (225kB)
08. NIM. 5161131040 APPENDICS.pdf
Download (170kB)
09. NIM. 5161131040 CHAPTER I.pdf
Download (622kB)
13. NIM. 5161131040 CHAPTER V.pdf
Download (200kB)
14. NIM. 5161131040 BIBLOGRAPHY.pdf
Download (229kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid dan layak digunakan pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Media pembelajaran interaktif ini diharapkan dapat mempermudah guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran serta memberi contoh kepada guru dalam pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar, sehingga memberikan guru tergerak untuk mengembangkan dan menciptakan media pembelajaran yang sejenis. Peneltian ini dilaksanakan pada kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 13 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Reaserch and Develompent) dengan model pengembangan 4-D model yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL-2 SMK Negeri 13 Medan yang terdiri dari 30 orang peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif ini divalidasi ahli media dan ahli materi, setelah dinyatakan layak maka di uji coba pengguna kepada peserta didik dengan dua tahap yaitu uji coba terbatas dan direvisi awal kemudian diperbaiki dilakukan uji coba skala besar dan dihitung kembali, jika tidak ada revisi maka media pembelajaran interaktif dapat disebarkan. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif ini divalidasi oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi dan uji coba pengguna/peserta didik dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap I (terbatas) dengan 5 orang peserta didik kemudian tahap II (skala besar) dengan 25 orang peserta didik. Hasil validasi dari ahli media diperoleh nilai 4,43 (sangat layak), validasi dari ahli materi diperoleh nilai 4,26 (sangat layak) serta uji coba pengguna/peserta didik tahap I diperoleh nilai 4,50 (akseptansi sangat tinggi) dan uji coba pengguna/peserta didik tahap II diperoleh nilai 4,59 (akseptansi sangat tinggi). Hasil penelitian ini menunjukkan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 13 Medan dinyatakan sangat layak digunakan pada mata pelajaran instalasi motor listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran interaktif; Lectora Inspire; 4-D |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 02:52 |
Last Modified: | 20 May 2024 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57084 |