Hasrini, Dewi (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN DESAIN HIASAN DENGAN HASIL MENGGAMBAR MOTIF MELAYU LANGKAT PADA SISWA KELAS XII BUSANA BUTIK SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5101143002 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM. 5101143002 APPRODIATE LIST.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM. 5101143002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. NIM. 5101143002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM. 5101143002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 5101143002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 5101143002 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5101143002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 5101143002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM. 5101143002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM. 5101143002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana pengetahuan desain hiasan pada siswa kelas XII Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat, (2) mengetahui bagaimana kemampuan menggambar motif melayu langkat pada siswa kelas XII Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat, (3) mengetahui bagaimana hubungan pengetahuan desain hiasan dengan hasil menggambar motif melayu langkat pada siswa kelas XII Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan tes obkjektif dan penilaian pengamatan sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 64 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik class sampling dengan ketentuan mengikuti program mata pelajaran desain hiasan sebanyak 32 siswa sehingga didapat kelas XII Busana Butik 1 sebagai sampel penelitian.
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa tingkat kecenderungan pengetahuan desain hiasan adalah kategori tinggi sebesar 84%, tingkat kecenderungan hasil menggambar motif melayu langkat adalah kategori tinggi sebesar 84%. Bentuk persamaan regresi Ŷ = 51,71 + 0,28X merupakan regresi linier, dimana Fhitung< Ftabel (-3,28 < 2,45) dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari perhitungan koefisien korelasi didapat rxy= 0,359 dimana r tabel = 0,349 sehingga rxy > rtabel (0,359> 0,349). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, maka hipotesis kerja (Ha) yang diajukan diterima pada taraf signifikan 5%, dengan demikian dinyatakan bahwa “Terdapat Hubungan Pengetahuan Desain Hiasan Dengan Hasil Menggambar Motif Melayu Langkat Pada Siswa Kelas XII Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat”.
Saran yang dapat diberikan guna menjaga kualitas kemampuan siswa dalam menggambar motif adalah siswa lebih banyak membaca dan belajar tentang macam – macam desain hiasan, tidak hanya bersumber dari buku siswa juga diharapkan dapat mencari sumber lain seperti internet, majalah dan hand book. Siswa juga diharapkan untuk lebih sering berlatih dalam hal mendesain motif. Bagi para guru busana butik diharapkan memberikan lebih banyak modul, referensi tentang pengetahuan desain hiasan, serta lebih memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. Sumber pembelajaran yang diberikan dapat lebih ditingkatkan dan inovatif seperti dalam bentuk gambar atau desain, sehingga membuat siswa semakin tertarik dalam mempelajari desain hiasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKK 008 |
Keywords: | Pengetahuan; Desain Hiasan; Menggambar; Motif Melayu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 08:41 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5705 |