PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SAMOSIR, RIDWAN BAGAS SYAPUTRA (2023) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192441013_Cover.pdf] Text
7192441013_Cover.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 7192441013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192441013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of 7192441013_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192441013_Kata_Pengantar.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 7192441013_Abstrak.pdf] Text
7192441013_Abstrak.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 7192441013_Daftar_Isi.pdf] Text
7192441013_Daftar_Isi.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 7192441013_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192441013_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 7192441013_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192441013_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 7192441013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192441013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 7192441013_BAB_I.pdf] Text
7192441013_BAB_I.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 7192441013_BAB_V.pdf] Text
7192441013_BAB_V.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 7192441013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192441013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1Sunggal Tahun Pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan bersifat kuantitatif. Penulis menggunakan 170 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sunggal. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 119 siswa yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Validitas instrumen penelitian diuji menggunakan validitas isi berdasarkan penilaian dari ahli (dosen), sedangkan reliabilitas diuji menggunakan teknik cronbach alpha. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan baik secara parsial maupun simultan, serta penggunaan koefisien determinasi (R2) sebagai alat
pengukuran.
Dari data statistik yang diperoleh dalam penelitian ini, terbukti adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 14.115 + 0.438 X1 + 0.952 X2 + 0.313 X3. Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel kesiapan belajar (X1) memiliki nilai thitung sebesar 2.943 dengan thitung > ttabel (2.943 > 1.658) dan tingkat signifikansi 0.004 < 0.05. Sementara itu, pada variabel kemandirian belajar (X2) hasil perhitungan menunjukkan nilai thitung sebesar 6.455 dengan thitung > ttabel (6.455 > 1.658) dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. Begitu juga dengan variabel kecerdasan emosional (X3) hasil perhitungan menunjukkan nilai thitung sebesar 4.482 dengan thitung > ttabel (4.482 > 1.658) dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05.
Pengujian hipotesis secara simultan juga menghasilkan data yang menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 33.443 >2,68 dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. Selanjutnya, uji koefisien determinasi (R Square) menunjukkan hasil sebesar 0.466. Ini berarti bahwa kesiapan belajar, kemandirian belajar, dan kecerdasan emosional secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 46.6% terhadap prestasi belajar, sementara sisanya sebesar 53.4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 22 May 2024 06:41
Last Modified: 22 May 2024 06:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57049

Actions (login required)

View Item
View Item