SAMOSIR, RIDWAN BAGAS SYAPUTRA (2023) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192441013_Cover.pdf
Download (83kB)
7192441013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (570kB)
7192441013_Kata_Pengantar.pdf
Download (199kB)
7192441013_Abstrak.pdf
Download (207kB)
7192441013_Daftar_Isi.pdf
Download (169kB)
7192441013_Daftar_Tabel.pdf
Download (95kB)
7192441013_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
7192441013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (56kB)
7192441013_BAB_I.pdf
Download (657kB)
7192441013_BAB_V.pdf
Download (110kB)
7192441013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (258kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1Sunggal Tahun Pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan bersifat kuantitatif. Penulis menggunakan 170 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sunggal. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 119 siswa yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Validitas instrumen penelitian diuji menggunakan validitas isi berdasarkan penilaian dari ahli (dosen), sedangkan reliabilitas diuji menggunakan teknik cronbach alpha. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan baik secara parsial maupun simultan, serta penggunaan koefisien determinasi (R2) sebagai alat
pengukuran.
Dari data statistik yang diperoleh dalam penelitian ini, terbukti adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 14.115 + 0.438 X1 + 0.952 X2 + 0.313 X3. Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel kesiapan belajar (X1) memiliki nilai thitung sebesar 2.943 dengan thitung > ttabel (2.943 > 1.658) dan tingkat signifikansi 0.004 < 0.05. Sementara itu, pada variabel kemandirian belajar (X2) hasil perhitungan menunjukkan nilai thitung sebesar 6.455 dengan thitung > ttabel (6.455 > 1.658) dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. Begitu juga dengan variabel kecerdasan emosional (X3) hasil perhitungan menunjukkan nilai thitung sebesar 4.482 dengan thitung > ttabel (4.482 > 1.658) dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05.
Pengujian hipotesis secara simultan juga menghasilkan data yang menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 33.443 >2,68 dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. Selanjutnya, uji koefisien determinasi (R Square) menunjukkan hasil sebesar 0.466. Ini berarti bahwa kesiapan belajar, kemandirian belajar, dan kecerdasan emosional secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 46.6% terhadap prestasi belajar, sementara sisanya sebesar 53.4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 May 2024 06:41 |
Last Modified: | 22 May 2024 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57049 |