Damanik, Risjunardi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN MENGKOMUNIKASIKAN HASIL KARYA SAINS PADA MATA KULIAH EKOLOGI HEWAN MAHASISWA UNIVERSITAS SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model Pembelajaran Think Talk Write, Group Investigation, dan pembelajaran konvensional terhadap; (1) kemampuan Berpikir Kritis; (2) Sikap Ilmiah; dan (3) Kemampuan mengkomunikasikan hasil karya sains Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Sampel diambil secara total sampling yaitu seluruh mahasiswa Semester VI. Jumlah sampel sebanyak 60 orang yang dikelompokkan ke dalam 3 kelompok model pembelajaran yaitu: model Think Talk Write (Eksperimen A), Group Investigation (Eksperimen B), dan pembelajaran konvensional. Instrumen menggunakan angket sebanyak 20 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis; Untuk mengukur Sikap Ilmiah sebanyak 20 soal; dan mengukur kemampuan mengkomunikasikan hasil karya sains di nilai dari hasil Observasi serta tes lisan. Soal instrumen telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran dengan menggunakan rumus product moment. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan tehnik analisi data menggunakan uji ANAKOVA Pada taraf signifikan α = 5% dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation 88,00 ± 3,70 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan Model pembelajaran Think Talk Write 78,25 ± 5,20, dan model pembelajaran konvensional 66,50 ± 5,87 dengan (Fhitung = 2,349 ; P = 0,10); (2) Sikap Ilmiah Mahasiswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Group Investigation 94,45 ± 1,50 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan Model pembelajaran Think Talk Write 81,35 ± 2,30, dan model pembelajaran konvensional 68,00 ± 2,81 dengan (Fhitung= 679,362; P= 0,000); (3) Kemampuan Mengkomunikasihan Hasil Karya Sains Mahasiswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Group Investigation 91,35 ± 1,73 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan Model pembelajaran Think Talk Write 82,50 ± 1,46 dan model pembelajaran konvensional 72,45 ± 2,25 dengan (Fhitung = 529,567; P = 0,000). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajarn Think Talk Write dan Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah dan kemampuan mengkomunikasikan hasil karya sains mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Simalungun pematangsiantar. Kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah dan kemampuan mengkomunikasikan hasil karya sains mahasiswa pada model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan Model pembelajaran Think Talk Write dan Konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 591.707 11 Dam p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Berpikir kritis; Sikap ilmiah; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 08:16 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5704 |