PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN MENGKOMUNIKASIKAN HASIL KARYA SAINS PADA MATA KULIAH EKOLOGI HEWAN MAHASISWA UNIVERSITAS SIMALUNGUN

Damanik, Risjunardi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN MENGKOMUNIKASIKAN HASIL KARYA SAINS PADA MATA KULIAH EKOLOGI HEWAN MAHASISWA UNIVERSITAS SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model Pembelajaran Think Talk Write, Group Investigation, dan pembelajaran konvensional terhadap; (1) kemampuan Berpikir Kritis; (2) Sikap Ilmiah; dan (3) Kemampuan mengkomunikasikan hasil karya sains Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Sampel diambil secara total sampling yaitu seluruh mahasiswa Semester VI. Jumlah sampel sebanyak 60 orang yang dikelompokkan ke dalam 3 kelompok model pembelajaran yaitu: model Think Talk Write (Eksperimen A), Group Investigation (Eksperimen B), dan pembelajaran konvensional. Instrumen menggunakan angket sebanyak 20 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis; Untuk mengukur Sikap Ilmiah sebanyak 20 soal; dan mengukur kemampuan mengkomunikasikan hasil karya sains di nilai dari hasil Observasi serta tes lisan. Soal instrumen telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran dengan menggunakan rumus product moment. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan tehnik analisi data menggunakan uji ANAKOVA Pada taraf signifikan α = 5% dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation 88,00 ± 3,70 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan Model pembelajaran Think Talk Write 78,25 ± 5,20, dan model pembelajaran konvensional 66,50 ± 5,87 dengan (Fhitung = 2,349 ; P = 0,10); (2) Sikap Ilmiah Mahasiswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Group Investigation 94,45 ± 1,50 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan Model pembelajaran Think Talk Write 81,35 ± 2,30, dan model pembelajaran konvensional 68,00 ± 2,81 dengan (Fhitung= 679,362; P= 0,000); (3) Kemampuan Mengkomunikasihan Hasil Karya Sains Mahasiswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Group Investigation 91,35 ± 1,73 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan Model pembelajaran Think Talk Write 82,50 ± 1,46 dan model pembelajaran konvensional 72,45 ± 2,25 dengan (Fhitung = 529,567; P = 0,000). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajarn Think Talk Write dan Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah dan kemampuan mengkomunikasikan hasil karya sains mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Simalungun pematangsiantar. Kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah dan kemampuan mengkomunikasikan hasil karya sains mahasiswa pada model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan Model pembelajaran Think Talk Write dan Konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 591.707 11 Dam p
Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Berpikir kritis; Sikap ilmiah; Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Jun 2016 08:16
Last Modified: 10 Jun 2016 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5704

Actions (login required)

View Item
View Item