SISTEM PAKAR DIAGNOSA KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN PENDEKATAN DATA DRIVEN BERBASIS WEBSITE

Rayhan, Annisa (2023) SISTEM PAKAR DIAGNOSA KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN PENDEKATAN DATA DRIVEN BERBASIS WEBSITE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193550001_Cover.pdf] Text
4193550001_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4193550001_Abstrak.pdf] Text
4193550001_Abstrak.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4193550001_Daftar_Isi.pdf] Text
4193550001_Daftar_Isi.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193550001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193550001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193550001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193550001_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193550001_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193550001_Daftar_Tabel.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4193550001_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193550001_Daftar_Gambar.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4193550001_BAB_I.pdf] Text
4193550001_BAB_I.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4193550001_BAB_V.pdf] Text
4193550001_BAB_V.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4193550001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193550001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (284kB)

Abstract

Game Online telah menjadi favorit banyak kalangan, termasuk anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Bermain game online ini kadang-kadang dilakukan dengan begitu intens sehingga seseorang bisa melupakan waktu dan keadaan sekitarnya. Keseringan bermain game yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang kecanduan, terutama di kalangan anak-anak. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendiagnosa tingkat kecanduan game online khususnya pada anak dengan menggunakan metode certainty factor. Metode Certainty Factor digunakan untuk menangani tingkat kepastian dari hubungan aspek gejala dan diagnosa penyakit dengan pasti. Pada penelitian ini, didapatkan 3 tingkat kecanduan game online dan 15 gejala kecanduan game online. Certainty Factor dihitung berdasarkan nilai CF dari setiap gejala yang dialami anak. Melalui pengujian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa 49 dari 55 data kasus serupa dengan luaran diagnosa sistem pakar menerapkan metode Certainty Factor yang telah dibentuk. Secara singkat, sistem pakar ini mendapatkan tingkat keakuratan sebesar 92% dalam diagnosa kecanduan game online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Sistem Pakar, Metode Certainty Factor, Game Online.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 18 May 2024 08:09
Last Modified: 18 May 2024 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57022

Actions (login required)

View Item
View Item