Rahayu, Ari Ramayanti (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI SMA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS XI SEMESTER II. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136174002 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM 8136174002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM 8136174002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 8136174002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM 8136174002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
6. NIM 8136174002 TABLES.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
7. NIM 8136174002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM 8136174002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 8136174002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
13. NIM 8136174002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
14. NIM 8136174002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
Abstract
Pengembangan buku ajar penting dilakukan guru agar pembelajaran lebih efektif, efisien, serta sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Guru dapat mengembangkan sendiri bahan ajar di sekolah masing-masing dengan mengarahkan pembelajaran pada proses pendekatan saintifik. Beberapa guru kurang mampu mengembangkan sumber belajar, misalnya buku ajar biologi khususnya SMA secara mandiri untuk mendukung pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik memiliki karakteristik “doing science” dengan lima langkah-langkah atau tahapan-tahapan secara terperinci yang memuat instruksi untuk siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku ajar biologi SMA berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI semester II. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Prosedur pengembangan terdiri dari beberapa tahap; (1) Analisis Masalah; (2) Perancangan buku ajar; dan (3) Uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor rata-rata penilaian buku ajar biologi SMA berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI semester II oleh validator ahli materi dari aspek kelayakan isi adalah 81,4% (baik) dan dari aspek kelayakan penyajian 90,6% (sangat baik). Sedangkan hasil persentase skor rata-rata penilaian buku ajar biologi SMA berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI semester II oleh validator ahli media dari aspek kelayakan penyajian adalah 98,9% (sangat baik). Tanggapan guru dan siswa terhadap buku ajar biologi SMA berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI semester II termasuk ke dalam kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Rah p |
Keywords: | Pendekatan saintifik; Bahan ajar; Buku ajar; Penelitian pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 08:08 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5702 |