Raja Gukguk, Ruth Asri Tami (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PANGURURAN PADA MATERI EKOSISTEM T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193141043_Cover.pdf
Download (36kB)
4193141043_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (425kB)
4193141043_Abstrak.pdf
Download (383kB)
4193141043_Kata_Pengantar.pdf
Download (714kB)
4193141043_Daftar_Isi.pdf
Download (383kB)
4193141043_Daftar_Tabel.pdf
Download (356kB)
4193141043_Daftar_Gambar.pdf
Download (355kB)
4193141043_Daftar_Lampiran.pdf
Download (356kB)
4193141043_BAB_I.pdf
Download (517kB)
4193141043_BAB_V.pdf
Download (255kB)
4193141043_Daftar_Pustaka.pdf
Download (528kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Pangururan T.P 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 70 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data rata-rata hasil belajar pretest-posttest yaitu 44 dan 75 pada kelas control sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 43 dan 83. Analisis data menggunakan Independent Sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 27 diperoleh angka probabilitas (sig.) 0,001 < 0,05. Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem kelas X SMAN 1 Pangururan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem kelas X SMAN 1 Pangururan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 May 2024 05:36 |
Last Modified: | 18 May 2024 05:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57012 |