PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PANGURURAN PADA MATERI EKOSISTEM T.P 2022/2023

Raja Gukguk, Ruth Asri Tami (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PANGURURAN PADA MATERI EKOSISTEM T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193141043_Cover.pdf] Text
4193141043_Cover.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193141043_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141043_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 4193141043_Abstrak.pdf] Text
4193141043_Abstrak.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 4193141043_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141043_Kata_Pengantar.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of 4193141043_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141043_Daftar_Isi.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 4193141043_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193141043_Daftar_Tabel.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4193141043_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193141043_Daftar_Gambar.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 4193141043_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193141043_Daftar_Lampiran.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4193141043_BAB_I.pdf] Text
4193141043_BAB_I.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 4193141043_BAB_V.pdf] Text
4193141043_BAB_V.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4193141043_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141043_Daftar_Pustaka.pdf

Download (528kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Pangururan T.P 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 70 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data rata-rata hasil belajar pretest-posttest yaitu 44 dan 75 pada kelas control sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 43 dan 83. Analisis data menggunakan Independent Sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 27 diperoleh angka probabilitas (sig.) 0,001 < 0,05. Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem kelas X SMAN 1 Pangururan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem kelas X SMAN 1 Pangururan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 18 May 2024 05:36
Last Modified: 18 May 2024 05:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57012

Actions (login required)

View Item
View Item