IMPLEMENTATION OF RECIPROCAL TEACHING LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS’ MATHEMATICAL REPRESENTATION ABILITY IN GRADE VII AT SMP NEGERI 37 MEDAN

Chairani, Royana (2023) IMPLEMENTATION OF RECIPROCAL TEACHING LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS’ MATHEMATICAL REPRESENTATION ABILITY IN GRADE VII AT SMP NEGERI 37 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111010_Cover.pdf] Text
4191111010_Cover.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4191111010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 4191111010_Abstrak.pdf] Text
4191111010_Abstrak.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4191111010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111010_Kata_Pengantar.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 4191111010_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111010_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4191111010_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111010_Daftar_Tabel.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4191111010_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111010_Daftar_Gambar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4191111010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4191111010_BAB_I.pdf] Text
4191111010_BAB_I.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 4191111010_BAB_V.pdf] Text
4191111010_BAB_V.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4191111010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis dan ketuntasan klasikal siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 37 Medan T.A 2022/2023 yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi penyajian data. Hasil penelitian yang diproleh pada tes awal sebelum ditetapkan model Reciprocal Teaching, secara klasikal terdapat 7 siswa (21,8%) tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 54,68 kategori sangat rendah. Pada siklus I mengalami peningkatan secara klasikal diproleh sebanyak 20 siswa (62,5%) tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 71,09 kategori sedang. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali secara klasikal sebanyak 24 siswa (75%) tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 79,37 kategori sedang. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan kembali secara klasikal sebanyak 28 siswa (87,5%) tuntas dengan nilai rata-rata 82,18 kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Reciprocal Teaching, Kemampuan Representasi Matematis, Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 18 May 2024 05:24
Last Modified: 18 May 2024 05:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57010

Actions (login required)

View Item
View Item