Chairani, Royana (2023) IMPLEMENTATION OF RECIPROCAL TEACHING LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS’ MATHEMATICAL REPRESENTATION ABILITY IN GRADE VII AT SMP NEGERI 37 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111010_Cover.pdf
Download (106kB)
4191111010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (473kB)
4191111010_Abstrak.pdf
Download (171kB)
4191111010_Kata_Pengantar.pdf
Download (273kB)
4191111010_Daftar_Isi.pdf
Download (245kB)
4191111010_Daftar_Tabel.pdf
Download (184kB)
4191111010_Daftar_Gambar.pdf
Download (184kB)
4191111010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (120kB)
4191111010_BAB_I.pdf
Download (520kB)
4191111010_BAB_V.pdf
Download (120kB)
4191111010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (303kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis dan ketuntasan klasikal siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 37 Medan T.A 2022/2023 yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi penyajian data. Hasil penelitian yang diproleh pada tes awal sebelum ditetapkan model Reciprocal Teaching, secara klasikal terdapat 7 siswa (21,8%) tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 54,68 kategori sangat rendah. Pada siklus I mengalami peningkatan secara klasikal diproleh sebanyak 20 siswa (62,5%) tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 71,09 kategori sedang. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali secara klasikal sebanyak 24 siswa (75%) tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 79,37 kategori sedang. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan kembali secara klasikal sebanyak 28 siswa (87,5%) tuntas dengan nilai rata-rata 82,18 kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Reciprocal Teaching, Kemampuan Representasi Matematis, Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 May 2024 05:24 |
Last Modified: | 18 May 2024 05:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57010 |