Pulungan, Muhammad Sulyan (2016) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP MINAT, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MTS NEGERI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174031 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 8146174031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3. NIM. 8146174031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 8146174031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 8146174031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. NIM. 8146174031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8146174031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8146174031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 8146174031 BAB I.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
13. NIM 8146174031 BAB V.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
14. NIM. 8146174031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap: (1) Minat; (2) Keterampilan proses sains; dan (3) Hasil belajar siswa pada materi ekosistem di MTs Negeri 2 Medan. Metode penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara non-equivalent control group design atau kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Kelas VII2 dibelajarkan dengan pendekatan jelajah alam sekitar menggunakan investigasi kelompok, kelasVII3 dengan menggunakan penemuan terbimbing, sedangkan kelas VII6 (kontrol) dengan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan angket minat siswa, tes keterampilan proses sains, dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis covariat (Anacova) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan JAS terhadap minat belajar siswa (F=6,618; P=0,002). Minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan JAS menggunakan metode investigasi kelompok (83,48±7,289) berbeda signifikan dengan metode pembelajaran konvensional (77,07±9,179) tetapi tidak berbeda signifikan dengan penemuan terbimbing (80,36±7,609); (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan JAS terhadap keterampilan proses sains (F=3,370; P=0,038). Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan JAS menggunakan investigasi kelompok (53,52±13,36) tidak berbeda dengan penemuan terbimbing (53,50±12,05), maupun metode pembelajaran konvensional (47,10±13,77); dan (3) Ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan JAS terhadap hasil belajar siswa (F=6,285; P=0,003). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan JAS menggunakan investigasi kelompok (50,76±17,983) berbeda signifikan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penemuan terbimbing (60,88±15,432), tetapi tidak berbeda signifikan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (48,81±16,739). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan metode atau pendekatan jelajah alam sekitar dengan investigasi kelompok dan penemuan terbimbing pada materi ekosistem dalam upaya meningkatkan minat, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 Pul p |
Keywords: | Metode pembelajaran; Metode tradisional; Minat belajar; Penemuan terbimbing; Proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 08:00 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5701 |