Silitonga, Hotria Rosliana (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192411014_Cover.pdf
Download (22kB)
4192411014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (163kB)
4192411014_Abstrak.pdf
Download (279kB)
4192411014_Kata_Pengantar.pdf
Download (179kB)
4192411014_Daftar_Isi.pdf
Download (268kB)
4192411014_BAB_I.pdf
Download (430kB)
4192411014_BAB_V.pdf
Download (177kB)
4192411014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (167kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Numbered Head Together lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional, (2) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan, (3) proses jawaban yang dikerjakan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen yang di SMP Negeri 16 Medan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dan VIII-2 sebagai keas kontrol yang diajari dengan menggunakan model konvensional. Intrumen pengumpulan data yang digunakan ialah lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebanyak 3 butir berupa uraian, lembar observasi keterlaksanaan sintaks dan aktivitas siswa dan angket respon siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t-test independent dengan berbantuan SPSS 22. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Numbered Head Together lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Hal ini berdasarkan perhitungan �ℎ����� = 1,738 menunjukkan bahwa �ℎ����� 1,738 > �tabel 1,699127 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, (2) hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tuntas secara individu dan klasikal dengan persentasi 87,5%, keterlaksanaan pembelajaran berada dalam kategori baik dengan rata-rata 3.605 sementara aktivitas dan respon siswa berada dalam kategori aktif dan positif dengan rata-rata 85.41% dan 79.75%. sehingga model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan, (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan yang diberi model pembelajaran konvensional. Temuan penelitian merekomendasikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together efektif dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran di sekolah utamanya untuk mencapai peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sil e |
Keywords: | Pemecahan masalah matematis; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran konvensional; Numbered head together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 May 2024 09:43 |
Last Modified: | 17 May 2024 09:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56997 |