Pardede, Venisha Elisabeth A. (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN RETENSI SISWA SISTEM EKSKRESI DI SMP SWASTA MARKUS MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap: (1) hasil belajar, (2) kemampuan berpikir kritis, dan (3) retensi siswa pada materi sistem ekskresi di SMP Swasta Markus Medan . Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, kelas B dengan strategi pembelajaran inkuiri, sedangkan kelas C (kontrol) dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda, tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian, dan retensi dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar (F=5,562; P=0,000). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Discovery (76,13±7,706) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi PBL (72,54±12,691), maupun strategi Konvensional (69,05±7,430); (2) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F= 9,247; P=0,000). Kemampuan berpikir kritis yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PBL (80,70±8,695) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi Discovery (79,57±7,057), maupun strategi Konvensional (71,95±9,712); (3) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap retensi siswa (F= 4,514; P=0,013). Retensi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PBL (44,14±8,427) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan strategi Discovery (38,72±6,251), maupun strategi Konvensional (33,26±7,485).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.490 71 Par p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Problem based learning; Pembelajaran konvensional; Berpikir kritis; Retensi; Ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:54 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5698 |