Mingka, Rizka Annisa (2023) ANALISIS PENERIMAAN E-LEARNING BERDASARKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DENGAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARE-STRUCTURAL EQUATION MODELING (PLS-SEM). Undergraduate thesis, UNIMED.
4192530009_Cover.pdf
Download (80kB)
4192530009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (725kB)
4192530009_Abstrak.pdf
Download (178kB)
4192530009_Kata_Pengantar.pdf
Download (704kB)
4192530009_Daftar_Isi.pdf
Download (127kB)
4192530009_Daftar_Tabel.pdf
Download (85kB)
4192530009_Daftar_Gambar.pdf
Download (85kB)
4192530009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (74kB)
4192530009_BAB_I.pdf
Download (264kB)
4192530009_BAB_V.pdf
Download (151kB)
4192530009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (180kB)
Abstract
Analisis peneriamaan e-learning dilakukan berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah teruji untuk mengukur penerimaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan terhadap penggunaan SIPDA FMIPA Universitas Negeri MEdan dengan meninjau hubungan antar variabel laten dengan pendekatan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM), serta untuk mengetahui model PLS-SEM yang dperoleh. Data yang diunakan berasal dari kuesioner yang disebar kepada mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Medan angkatan 2019, dengan periode pemakaian SIPDA selama tahun ajaran 2020/2021 dan 2021/2022. Hasil penelitian mengindikasi bahwa seluruh indikator telah memenuhi kriteria penilaian validitas dan reliabilitas dalam membentuk model penerimaan e-learning. Analisis penerimaan SIPDA FMIPA Universitas Negeri MEdan sebagai e-learning yang digunakan sudah cukup baik. Peningkatan pada perspektif kemudahan penggunaan dan perspektif kegunaan akan menyebabkan peningkatan pada sikap terhadap penggunaan SIPDA FMIPA Universitas Negeri Medan berturut-turut 20.0% dan 58.5%. SIkap terhadap penggunaan dan perspektif kegunaan yang meningkat akan menyebabkan peningkatan pada minat terhadap penggunaan SIPDA FMIPA Universitas Negeri Medan berturut-turut sebesar 58.6% dan 15.7%. Minat dalam menggunakan SIPDA FMIPA Universitas Negeri Medan berpengaruh sebesar 66.0% terhadap penggunaannya, namun peningkatan minat mahasiswa belum tentu meningkatkan penggunaan yang sebenarnya pada e-learning tersebut. Sehingga model PLS-SEM yang diperoleh pada analisis penerimaan SIPDA FMIPA UNiversitas Negeri MEdan yaitu n1=0.200e1 + 0.585e2 +e3 dan n2=0.586n1 + 0.113e2 +e2 serta n3 = 0.660n2 +e3
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerimaan e-learning; TAM; PLS-SEM |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 May 2024 05:38 |
Last Modified: | 17 May 2024 05:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56965 |