Yulistiani, Rindi Ade (2023) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPS PAHLAWAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4183151811_Cover.pdf
Download (50kB)
4183151811_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (480kB)
4183151811_Abstrak.pdf
Download (120kB)
4183151811_Kata_Pengantar.pdf
Download (123kB)
4183151811_Daftar_Isi.pdf
Download (123kB)
4183151811_Daftar_Tabel.pdf
Download (90kB)
4183151811_Daftar_Gambar.pdf
Download (90kB)
4183151811_Daftar_Lampiran.pdf
Download (91kB)
4183151811_BAB_I.pdf
Download (265kB)
4183151811_BAB_V.pdf
Download (120kB)
4183151811_Daftar_Pustaka.pdf
Download (270kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa kelas VIII SMPS Pahlawan Nasional pada pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa kelas VIII SMPS Pahlawan Nasional pada pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMPS Pahlawan Nasional tahun pelajaran 2022/2023, sedangkan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII-1 sampai VIII-6. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket/kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis angket kemandirian belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa masing-masing berada pada kategori baik dengan nilai presentase yaitu 70%. Namun hasil observasi menunjukkan tingkat kemandirian belajar siswa masih berada pada kategori cukup dengan nilai presentase yaitu 60%. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki potensi untuk meningkatkan kemandirian belajarnya dengan dukungan dan pembinaan yang tepat dari guru maupun orangtua
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Pengaruh, Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 May 2024 05:01 |
Last Modified: | 17 May 2024 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56957 |