ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPS PAHLAWAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA T.P 2022/2023

Yulistiani, Rindi Ade (2023) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPS PAHLAWAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183151811_Cover.pdf] Text
4183151811_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4183151811_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183151811_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 4183151811_Abstrak.pdf] Text
4183151811_Abstrak.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4183151811_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183151811_Kata_Pengantar.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4183151811_Daftar_Isi.pdf] Text
4183151811_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4183151811_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183151811_Daftar_Tabel.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4183151811_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183151811_Daftar_Gambar.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4183151811_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183151811_Daftar_Lampiran.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4183151811_BAB_I.pdf] Text
4183151811_BAB_I.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4183151811_BAB_V.pdf] Text
4183151811_BAB_V.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4183151811_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183151811_Daftar_Pustaka.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa kelas VIII SMPS Pahlawan Nasional pada pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa kelas VIII SMPS Pahlawan Nasional pada pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMPS Pahlawan Nasional tahun pelajaran 2022/2023, sedangkan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII-1 sampai VIII-6. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket/kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis angket kemandirian belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa masing-masing berada pada kategori baik dengan nilai presentase yaitu 70%. Namun hasil observasi menunjukkan tingkat kemandirian belajar siswa masih berada pada kategori cukup dengan nilai presentase yaitu 60%. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki potensi untuk meningkatkan kemandirian belajarnya dengan dukungan dan pembinaan yang tepat dari guru maupun orangtua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian Belajar, Pengaruh, Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 17 May 2024 05:01
Last Modified: 17 May 2024 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56957

Actions (login required)

View Item
View Item