Ramadhani, Tami (2021) Minat Belajar Dalam Pembelajaran Daring dan Efektivitasnya Terhadap Peningkatan Penguasaan Mata Pelajaran Siswa Pada Pekerjaan Dasar Elektromekanik SMK Swasta Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM . 5171131017 COVER.pdf
Download (65kB)
2. NIM . 5171131017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3. NIM . 5171131017 ABSTRAK.pdf
Download (186kB)
4. NIM . 5171131017 KATA PENGANTAR.pdf
Download (238kB)
5. NIM . 5171131017 DAFTAR ISI.pdf
Download (343kB)
6. NIM . 5171131017 DAFTAR TABEL.pdf
Download (117kB)
7. NIM . 5171131017 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (176kB)
8. NIM . 5171131017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (135kB)
9. NIM . 5171131017 BAB I.pdf
Download (361kB)
13. NIM . 5171131017 BAB V.pdf
Download (89kB)
14. NIM . 5171131017 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (142kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dalam pembelajaran daring dan efektivitas pembelajaran terhadap penguasaan mata pelajaran siswa pekerjaan dasar elektromekanik SMK Swasta Imelda Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Imelda Medan yang beralamat di Jalan Bilal. No, 24 Pulo Brayan Darat I, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara Kode Pos 20290. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini keseluruhan siswa X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan.
Sampel dalam penelitian ini adalah 67 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dan tes yang telah diuji terlebih dahulu. Kemudian setelah dinyatakan valid dan reliabel digunakan untuk pengumpulan data penelitian.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar (X1) terhadap penguasaan mata pelajaran (Y), hal ini
ditunjukkan dengan nilai r sebesar 0,737, dengan sumbangan efektif sebesar 27,8%. 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara efektivitas pembelajaran (X2) terhadap penguasaan mata pelajaran (Y), hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi r sebesar 0,528, dengan sumbangan efektif sebesar 25,9%. 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar (X1) dan efektivitas pembelajaran (X2) secara bersama-sama terhadap penguasaan mata pelajaran (Y),
hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi r sebesar 0,852 dengan sumbangan efektif sebesar 53,7%. Sedangkan 46,3% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Belajar; Efektivitas Pembelajaran; Penguasaan Mata Pelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 17 May 2024 03:08 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56940 |