PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA SMA SWASTA DHARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN

Utami, Tri Anita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA SMA SWASTA DHARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191141023_Cover.pdf] Text
4191141023_Cover.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4191141023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191141023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4191141023_Abstrak.pdf] Text
4191141023_Abstrak.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4191141023_Daftar_Isi.pdf] Text
4191141023_Daftar_Isi.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4191141023_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191141023_Daftar_Gambar.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4191141023_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191141023_Daftar_Tabel.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4191141023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191141023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4191141023_BAB_I.pdf] Text
4191141023_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4191141023_BAB_V.pdf] Text
4191141023_BAB_V.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4191141023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191141023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA SMA Swasta Dharma Patra Pangkalan Berandan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yaitu Non equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Dharma Patra. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 64 siswa. Penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Swasta Dharma Patra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA SMA Swasta Dharma Patra Pangkalan Berandan dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis 74,58 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas kontrol yang tidak diberi perlakukan yaitu 58,73.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemmpuan berikir kritis; Sitem pernapasan; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 17 May 2024 02:58
Last Modified: 17 May 2024 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56938

Actions (login required)

View Item
View Item