Utami, Tri Anita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA SMA SWASTA DHARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191141023_Cover.pdf
Download (5MB)
4191141023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (6MB)
4191141023_Abstrak.pdf
Download (5MB)
4191141023_Daftar_Isi.pdf
Download (5MB)
4191141023_Daftar_Gambar.pdf
Download (5MB)
4191141023_Daftar_Tabel.pdf
Download (5MB)
4191141023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (5MB)
4191141023_BAB_I.pdf
Download (5MB)
4191141023_BAB_V.pdf
Download (5MB)
4191141023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA SMA Swasta Dharma Patra Pangkalan Berandan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yaitu Non equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Dharma Patra. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 64 siswa. Penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Swasta Dharma Patra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA SMA Swasta Dharma Patra Pangkalan Berandan dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis 74,58 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas kontrol yang tidak diberi perlakukan yaitu 58,73.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemmpuan berikir kritis; Sitem pernapasan; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:58 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56938 |