Silaban NIM 4193121002, Tresia L (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA N 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193121002_Cover.pdf
Download (69kB)
4193121002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (669kB)
4193121002_Abstrak.pdf
Download (115kB)
4193121002_Kata_Pengantar.pdf
Download (392kB)
4193121002_Daftar_Isi.pdf
Download (147kB)
4193121002_Daftar_Gambar.pdf
Download (91kB)
4193121002_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
4193121002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (57kB)
4193121002_BAB_I.pdf
Download (285kB)
4193121002_BAB_V.pdf
Download (112kB)
4193121002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (324kB)
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning berbasis children learning in science. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian two group (pretest dan posttest). Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen soal yang digunakan sebanyak 11 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah divalidasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 80,19 yaitu termasuk kategori ketercapaian nilai sangat baik, sedangkan kelas kontrol adalah 71,28 yaitu termasuk kategori ketercapaian nilai baik. Hasil analisis uji t menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari model problem based learning berbasis children learning in science terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa di SMA N 2 Percut Sei Tuan dapat disimpulkan berdasarkan uji ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi disbanding dengan kelas kontrol sehingga kelas eksperimen memiliki pengaruh yang lebih baik dari kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Belajar fisika; Hasil belajar siswa; Capaian nilai baik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:34 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56930 |