PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA N 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2022/2023.

Silaban NIM 4193121002, Tresia L (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA N 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193121002_Cover.pdf] Text
4193121002_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4193121002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193121002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of 4193121002_Abstrak.pdf] Text
4193121002_Abstrak.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 4193121002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193121002_Kata_Pengantar.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 4193121002_Daftar_Isi.pdf] Text
4193121002_Daftar_Isi.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4193121002_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193121002_Daftar_Gambar.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4193121002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193121002_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4193121002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193121002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4193121002_BAB_I.pdf] Text
4193121002_BAB_I.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 4193121002_BAB_V.pdf] Text
4193121002_BAB_V.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4193121002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193121002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning berbasis children learning in science. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian two group (pretest dan posttest). Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen soal yang digunakan sebanyak 11 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah divalidasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 80,19 yaitu termasuk kategori ketercapaian nilai sangat baik, sedangkan kelas kontrol adalah 71,28 yaitu termasuk kategori ketercapaian nilai baik. Hasil analisis uji t menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari model problem based learning berbasis children learning in science terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa di SMA N 2 Percut Sei Tuan dapat disimpulkan berdasarkan uji ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi disbanding dengan kelas kontrol sehingga kelas eksperimen memiliki pengaruh yang lebih baik dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Belajar fisika; Hasil belajar siswa; Capaian nilai baik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 17 May 2024 02:34
Last Modified: 17 May 2024 02:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56930

Actions (login required)

View Item
View Item