Dewi, Tisrin Maulina (2016) PENGEMBANGAN MODUL PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS ISLAM-SAINS UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH/MA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146173022 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM 8146173022 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM 8146173022 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 8146173022 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 8146173022 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 8146173022 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 8146173022 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8146173022 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 8146173022 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
13. NIM 8146173022 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM 8146173022 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat Kelayakan modul pencemaran lingkungan berbasis Islam-Sains kelas X MA; (2) Tanggapan guru Biologi MA; dan (3) Tanggapan siswa terhadap modul pencemaran lingkungan berbasis Islam-Sains pada siswa kelas X MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan produk Borg dan Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi enam tahapan, yaitu: (1) Melakukan penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan produk; (3) Pengumpulan bahan; (4) Pengembangan produk awal; (5) Validasi produk dan (6) Revisi dan Uji coba. Subjek uji coba terdiri dari tim ahli materi, ahli desain, 4 guru biologi MA, 3 siswa MAN Karimun fillial MAN Tanjungpinang pada uji coba perorangan, 9 siswa MAN Karimun fillial MAN Tanjungpinang pada uji coba kelompok kecil dan 27 siswa MAN Karimun fillial MAN Tanjungpinang pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validasi tim ahli materi berada pada kriteria “sangat baik” (88%); (2) Validasi tim ahli desain pembelajaran berada pada kriteria “sangat baik” (86%); (3) Penilaian guru bidang studi biologi berada pada kriteria “sangat membantu” (3,4); (4) Uji coba perorangan berada pada kriteria “baik” (80%); (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “sangat baik” (88%); Uji coba kelompok lapangan terbatas berada pada kriteria “sangat baik” (90%), sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian modul pencemaran lingkungan berbasis Islam-Sains yang dikembangkan ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan siswa kelas X MA atau sebagai penunjang pembelajaran pencemaran lingkungan di madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.950 712 Dew p |
Keywords: | Modul pembelajaran; Islam-sains; Kurikulum 2013; Pencemaran lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 03:26 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5691 |