PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MEDAN

Dara, Erna Tri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311060_Cover.pdf] Text
4193311060_Cover.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4193311060_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311060_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 4193311060_Abstrak.pdf] Text
4193311060_Abstrak.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 4193311060_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311060_Kata_Pengantar.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4193311060_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311060_Daftar_Isi.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 4193311060_BAB_I.pdf] Text
4193311060_BAB_I.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 4193311060_BAB_V.pdf] Text
4193311060_BAB_V.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4193311060_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311060_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra pada materi sistem persamaan linear dua variabel dikelas VIII-2 SMP Negeri 8 Medan T.A. 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Medan yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 16 dari 30 siswa (53,33%) telah mencapai target keberhasilan minimal 85% siswa memperoleh skor (≥75), sedangkan 14 siswa lainnya (46,66%) belum mencapai nilai target. Berdasarkan kriteria keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini belum memenuhi. Setelah pemberian tindakan pada siklus II melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 27 dari 30 siswa (90%) telah mencapai target keberhasilan minimal 85% siswa memperoleh skor (≥75) sedangkan 3 siswa lainnya (10%) belum mencapai nilai target. Berdasarkan target keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini sudah memenuhi 36,67%. Untuk nilai setiap aspek pemecahan masalah yang diteliti, yaitu pada aspek memahami masalah nilai rata-rata pada siklus I 75,93 meningkat menjadi 89,26 pada siklus II, pada aspek merencanakan penyelesaian masalah nilai rata-rata pada siklus I 56,11 meningkat menjadi 71,67 pada siklus II, pada aspek menyelesaikan masalah nilai rata-rata pada siklus I 76,94 meningkat menjadi 89,72 pada siklus II, dan pada aspek memeriksa kembali nilai rata-rata pada siklus I 45,56 meningkat menjadi 72,22 pada siklus II. Nilai rata-rata tes pada siklus I sebesar 69,33 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,22. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dikelas VIII-2 SMP Negeri 8 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Dar p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Pemecahan masalah matematis; Geogebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2024 09:35
Last Modified: 16 May 2024 09:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56904

Actions (login required)

View Item
View Item