Dara, Erna Tri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311060_Cover.pdf
Download (199kB)
4193311060_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (81kB)
4193311060_Abstrak.pdf
Download (284kB)
4193311060_Kata_Pengantar.pdf
Download (288kB)
4193311060_Daftar_Isi.pdf
Download (435kB)
4193311060_BAB_I.pdf
Download (394kB)
4193311060_BAB_V.pdf
Download (225kB)
4193311060_Daftar_Pustaka.pdf
Download (236kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra pada materi sistem persamaan linear dua variabel dikelas VIII-2 SMP Negeri 8 Medan T.A. 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Medan yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 16 dari 30 siswa (53,33%) telah mencapai target keberhasilan minimal 85% siswa memperoleh skor (≥75), sedangkan 14 siswa lainnya (46,66%) belum mencapai nilai target. Berdasarkan kriteria keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini belum memenuhi. Setelah pemberian tindakan pada siklus II melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 27 dari 30 siswa (90%) telah mencapai target keberhasilan minimal 85% siswa memperoleh skor (≥75) sedangkan 3 siswa lainnya (10%) belum mencapai nilai target. Berdasarkan target keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini sudah memenuhi 36,67%. Untuk nilai setiap aspek pemecahan masalah yang diteliti, yaitu pada aspek memahami masalah nilai rata-rata pada siklus I 75,93 meningkat menjadi 89,26 pada siklus II, pada aspek merencanakan penyelesaian masalah nilai rata-rata pada siklus I 56,11 meningkat menjadi 71,67 pada siklus II, pada aspek menyelesaikan masalah nilai rata-rata pada siklus I 76,94 meningkat menjadi 89,72 pada siklus II, dan pada aspek memeriksa kembali nilai rata-rata pada siklus I 45,56 meningkat menjadi 72,22 pada siklus II. Nilai rata-rata tes pada siklus I sebesar 69,33 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,22. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dikelas VIII-2 SMP Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Dar p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pemecahan masalah matematis; Geogebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 May 2024 09:35 |
Last Modified: | 16 May 2024 09:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56904 |