Deli, Sucitra (2023) Pengembangan LKPD dengan Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111099_COVER.pdf
Download (47kB)
2. NIM. 1161111099_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (322kB)
3. NIM. 1161111099_ABSTRAK.pdf
Download (285kB)
4. NIM. 1161111099_KATA PENGANTAR.pdf
Download (272kB)
5. NIM. 1161111099_DAFTAR ISI.pdf
Download (98kB)
6. NIM. 1161111099_DAFTAR TABEL.pdf
Download (38kB)
7. NIM. 1161111099_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 1161111099_DAFTAR DIAGRAM.pdf
Download (34kB)
9. NIM. 1161111099_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (113kB)
10. NIM. 1161111099_BAB I.pdf
Download (389kB)
14. NIM. 1161111099_BAB V.pdf
Download (241kB)
15. NIM. 1161111099_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (146kB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk LKPD yang dikembangkan dengan Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Bersyukur atas Keberagaman layak, praktis serta efektif digunakan pada kelas IV SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu yang dikemukakan oleh Sugiyono dengan melalui tujuh tahap, antara lain: 1) Potensi
dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, dan 7) Revisi Produk. Pengembangan produk yang akan dilakukan hanya sampai pada tahap uji coba produk, karena mengingat
biaya serta waktu yang terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang telah peneliti kembangkan dinyatakan layak, praktis serta efektif untuk digunakan. Uji kelayakan dilakukan dengan
validasi materi pada tahap I yang dilakukan memperoleh jumlah skor 46 dengan persentase kelayakan 65,71%, dinyatakan cukup layak sehingga perlu melakukan revisi kembali. Pada validasi materi tahap II mencapai skor 64 dengan persentase
kelayakan 91,42% dinyatakan sangat layak dan tidak memerlukan revisi. Hasil validasi desain pada tahap I yang dilakukan memperoleh skor 40 dengan persentase kelayakan 66,66% dinyatakan cukup layak sehingga perlu melakukan revisi kembali. Pada validasi desain tahap II mencapai skor 57 dengan persentase kelayakan mencapai 95%, dinyatakan sangat layak dan tidak memerlukan revisi. Uji kepraktisan yang dilakukan dengan menggunakan angket pada uji coba
perorangan dengan jumlah 3 orang dengan nilai persentase 78,66% dengan kategori “praktis”. Kemudian pada uji coba kelompok kecil yang berjumlah 9 orang mencapai persentase 82,51% dengan kategori “sangat praktis”. Uji coba
kepraktisan oleh pendidik mencapai nilai persentase 91, 11% dengan kategori “Sangat Praktis”. Persentase uji keefektifan yang dilakukan pada uji coba lapangan dengan 19 orang peserta didik mencapai 84,21% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ini dinyatakan layak, praktis serta efektif digunakan pada siswa kelas IV SD Negeri 101772 Tanjung Selamat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD; Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Kelayakan; Kepraktisan; Keefektifan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 May 2024 08:12 |
Last Modified: | 16 May 2024 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56902 |