ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SOAL BERBASIS TIMSS

Napitu, Enjelica Natalia E (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SOAL BERBASIS TIMSS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111024_Cover.pdf] Text
4191111024_Cover.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4191111024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 4191111024_Abstrak.pdf] Text
4191111024_Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4191111024_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111024_Kata_Pengantar.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4191111024_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111024_Daftar_Isi.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4191111024_BAB_I.pdf] Text
4191111024_BAB_I.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 4191111024_BAB_V.pdf] Text
4191111024_BAB_V.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4191111024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (297kB)

Abstract

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan memahami suatu situasi atau masalah dengan cermat dan rasional. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam soal berbasis TIMSS. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 29 Medan yang berjumlah 33 orang dan dipilih 6 siswa dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berpikir kritis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis rata-rata adalah 57,39% dengan kualifikasi rendah. Analisis berpikir kritis menunjukkan bahwa dua siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi hanya mampu memenuhi dua indikator berpikir kritis, dua siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang hanya mampu memenuhi satu indikator, dan satu siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi satu indikator, sedangkan siswa lainnya tidak mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.076 Nap a
Keywords: Berpikir kritis; Soal matematika; Kemampuan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2024 08:11
Last Modified: 16 May 2024 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56901

Actions (login required)

View Item
View Item