Napitu, Enjelica Natalia E (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SOAL BERBASIS TIMSS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111024_Cover.pdf
Download (184kB)
4191111024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (67kB)
4191111024_Abstrak.pdf
Download (183kB)
4191111024_Kata_Pengantar.pdf
Download (228kB)
4191111024_Daftar_Isi.pdf
Download (218kB)
4191111024_BAB_I.pdf
Download (302kB)
4191111024_BAB_V.pdf
Download (182kB)
4191111024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (297kB)
Abstract
Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan memahami suatu situasi atau masalah dengan cermat dan rasional. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam soal berbasis TIMSS. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 29 Medan yang berjumlah 33 orang dan dipilih 6 siswa dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berpikir kritis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis rata-rata adalah 57,39% dengan kualifikasi rendah. Analisis berpikir kritis menunjukkan bahwa dua siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi hanya mampu memenuhi dua indikator berpikir kritis, dua siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang hanya mampu memenuhi satu indikator, dan satu siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi satu indikator, sedangkan siswa lainnya tidak mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.076 Nap a |
Keywords: | Berpikir kritis; Soal matematika; Kemampuan matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 May 2024 08:11 |
Last Modified: | 16 May 2024 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56901 |