Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Aplikasi Prezi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kerajaan Mataram Islam Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Medan

Adyanti, Dwi Ryzki (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Aplikasi Prezi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kerajaan Mataram Islam Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 3193121025_Cover.pdf] Text
3193121025_Cover.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 3193121025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3193121025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 3193121025_Abstrak.pdf] Text
3193121025_Abstrak.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 3193121025_Kata_Pengantar.pdf] Text
3193121025_Kata_Pengantar.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 3193121025_Daftar_Isi.pdf] Text
3193121025_Daftar_Isi.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 3193121025_Daftar_Tabel.pdf] Text
3193121025_Daftar_Tabel.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 3193121025_Daftar_Gambar.pdf] Text
3193121025_Daftar_Gambar.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 3193121025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3193121025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 3193121025_BAB_I.pdf] Text
3193121025_BAB_I.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of 3193121025_BAB_V.pdf] Text
3193121025_BAB_V.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 3193121025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3193121025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pngembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gal dengan sepuluh tahapan yaitu : 1) Poensi dan masalah; 2) Pengumpulan data; 3) Desain Produk; 4) Validasi desain; 5) Revisi Desain; 6) Uji coba produk; 7) Revisi produk; 8) Uji coba pemakaian; 9) Revisi Produk; 10) Produksi Masal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Kelayakan media pembelajaran mind mapping berbasis aplikasi prezi pada mata pelajaran Sejarah Kerajaan Mataram Islam kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Medan. 2). Mengetahu efektifitas media pembelajaran mind mapping berbasis prezi pada mata pelajaran Sejarah Kerajaan Mataram Islam kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner. yang Data yang diperoleh berupa tes hasil angket respon dari ahli materi,ahli media,dan siswa. Teknik pengumpulan data yang kedua berupa tes hasil belajar guna membuktikan adanya efektifitas dari penggunaan media mind mapping berbasis prezi pada mata pelajaran Sejarah Kerajaan Mataram Islam untuk siswa SMA Negeri 2 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini mendapat presentase kelayakan dari penilaian ahli materi sebesar 93,5% dengan kategori ―sangat valid‖. Penlaian ahli media sebesar 95% dengan kriteria ―sangat valid‖. Penilaian siswa dalam uji kelompok kecil dengan responden 10 orang siswa dan uji kelompok besar dengan responden 36 siswa,masing-masing mendapatkan presentase nilai sebesar 80,75%,90,48% kaegori ―sangat valid‖. Pada uji efektifitas pembelajaran,diketahui nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan media pembelajaran (pretest) sebesar 52,16%,nilai rata-rata yang diperoleh sesudah menggunakan media ajar (posttest) sebesar 87,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping berbasis prezi dalam uji coba sudah memenuhi kategori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA N 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan,Media Pembelajaran,Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 16 May 2024 08:02
Last Modified: 16 May 2024 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56899

Actions (login required)

View Item
View Item