Putra, Dwi Pramuditya (2023) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)DAN TIPE THINK TALK WRITE (TTW). Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111008_Cover.pdf
Download (68kB)
4193111008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (199kB)
4193111008_Abstrak.pdf
Download (149kB)
4193111008_Kata_Pengantar.pdf
Download (131kB)
4193111008_Daftar_Isi.pdf
Download (132kB)
4193111008_BAB_I.pdf
Download (365kB)
4193111008_BAB_V.pdf
Download (66kB)
4193111008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (136kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write serta model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T. A 2023/2024. Pada penelitian ini seluruh kelas XI dijadikan populasi, kemudian dipilih dua kelas secara acak yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II untuk dijadikan sampel. Dalam penelitian ini kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Intrumen yang digunakan untuk penelitian ini berupa post-test yang berbentuk essay yang sudah divalidasi oleh ahli.
Kelas eksperimen I menghasilkan nilai rata-rata post-test sebesar 82,57 sedangkan kelas eksperimen II menghasilkan nilai rata-rata post-test 77,21. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa data post-test telah berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis didapatkan �ℎ�����(4,648)>������(1,998). Oleh karena itu �0 ditolak sedangkan �� diterima sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Put p |
Keywords: | Komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif; Eksperimen; Think talk write; Think pair share; Program linear |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 May 2024 07:58 |
Last Modified: | 16 May 2024 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56897 |