PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)DAN TIPE THINK TALK WRITE (TTW)

Putra, Dwi Pramuditya (2023) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)DAN TIPE THINK TALK WRITE (TTW). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111008_Cover.pdf] Text
4193111008_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4193111008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4193111008_Abstrak.pdf] Text
4193111008_Abstrak.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4193111008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111008_Kata_Pengantar.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4193111008_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111008_Daftar_Isi.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4193111008_BAB_I.pdf] Text
4193111008_BAB_I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4193111008_BAB_V.pdf] Text
4193111008_BAB_V.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4193111008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write serta model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T. A 2023/2024. Pada penelitian ini seluruh kelas XI dijadikan populasi, kemudian dipilih dua kelas secara acak yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II untuk dijadikan sampel. Dalam penelitian ini kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Intrumen yang digunakan untuk penelitian ini berupa post-test yang berbentuk essay yang sudah divalidasi oleh ahli.
Kelas eksperimen I menghasilkan nilai rata-rata post-test sebesar 82,57 sedangkan kelas eksperimen II menghasilkan nilai rata-rata post-test 77,21. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa data post-test telah berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis didapatkan �ℎ�����(4,648)>������(1,998). Oleh karena itu �0 ditolak sedangkan �� diterima sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Put p
Keywords: Komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif; Eksperimen; Think talk write; Think pair share; Program linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2024 07:58
Last Modified: 16 May 2024 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56897

Actions (login required)

View Item
View Item