Siregar, Henti Mahrani (2023) Hubungan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111047 COVER.pdf
Download (3MB)
2. NIM. 1181111047 APPROVAL SHEET.pdf
Download (3MB)
3. NIM. 1181111047 ABSTRACT.pdf
Download (3MB)
4. NIM. 1181111047 PREFACE.pdf
Download (3MB)
5. NIM. 1181111047 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (3MB)
6. NIM. 1181111047 TABLES.pdf
Download (3MB)
7. NIM. 1181111047 ILLUSTRATION.pdf
Download (3MB)
8. NIM. 1181111047 APPENDICES.pdf
Download (3MB)
9. NIM. 1181111047 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
13. NIM. 1181111047 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (3MB)
14. NIM. 1181111047 CHAPTER V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir T.A 2022/2023. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir yang berjumlah 28 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampel yaitu seluruh sampel populasi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket yaitu angket gaya belajar (Variabel X) dan tes prestasi belajar (variabel Y). Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Product Moment. Dengan melihat hasil penelitian dari hasil pengujian hipotesis diperoleh rxy= 0,926 dengan n=26, sedangkan rtabel = 0,374 pada taraf α = 0,05. Penelitian diketahui bahwa rxy > rtabel yaitu (0,926 > 0,374). Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung = 7,14 dan ttabel dengan dk = n-2 : 28–2 = 26 pada taraf α=0,05, maka diperoleh ttabel = 1,705. Demikian thitung > ttabel yaitu (7,14 > 1,705). Maka hipotesis dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Dari analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signitifikan anatara gaya belajar terhadap prestasi belajar. Dengan ini peneliti dapat menyimpulkan “Ada hubungan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir T.A 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Matematika; Gaya Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 May 2024 07:57 |
Last Modified: | 16 May 2024 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56894 |