Hubungan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir Tahun Ajaran 2022/2023

Siregar, Henti Mahrani (2023) Hubungan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1181111047 COVER.pdf] Text
1. NIM. 1181111047 COVER.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2. NIM. 1181111047 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 1181111047 APPROVAL SHEET.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3. NIM. 1181111047 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 1181111047 ABSTRACT.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4. NIM. 1181111047 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 1181111047 PREFACE.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 5. NIM. 1181111047 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 1181111047 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 6. NIM. 1181111047 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 1181111047 TABLES.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7. NIM. 1181111047 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 1181111047 ILLUSTRATION.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8. NIM. 1181111047 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 1181111047 APPENDICES.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 9. NIM. 1181111047 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 1181111047 CHAPTER I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 13. NIM. 1181111047 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM. 1181111047 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 14. NIM. 1181111047 CHAPTER V.pdf] Text
14. NIM. 1181111047 CHAPTER V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir T.A 2022/2023. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir yang berjumlah 28 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampel yaitu seluruh sampel populasi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket yaitu angket gaya belajar (Variabel X) dan tes prestasi belajar (variabel Y). Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Product Moment. Dengan melihat hasil penelitian dari hasil pengujian hipotesis diperoleh rxy= 0,926 dengan n=26, sedangkan rtabel = 0,374 pada taraf α = 0,05. Penelitian diketahui bahwa rxy > rtabel yaitu (0,926 > 0,374). Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung = 7,14 dan ttabel dengan dk = n-2 : 28–2 = 26 pada taraf α=0,05, maka diperoleh ttabel = 1,705. Demikian thitung > ttabel yaitu (7,14 > 1,705). Maka hipotesis dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Dari analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signitifikan anatara gaya belajar terhadap prestasi belajar. Dengan ini peneliti dapat menyimpulkan “Ada hubungan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir T.A 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Matematika; Gaya Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 16 May 2024 07:57
Last Modified: 16 May 2024 07:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56894

Actions (login required)

View Item
View Item