Manurung, Doni Jeremia (2023) Pengembangan Media Kliping Berbantuan Heyzine Pada Materi Kerajaan - Kerajaan Islam di Indonesia pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
3193321025_Cover.pdf
Download (43kB)
3193321025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (376kB)
3193321025_Abstrak.pdf
Download (259kB)
3193321025_Kata_Pengantar.pdf
Download (180kB)
3193321025_Daftar_Isi.pdf
Download (225kB)
3193321025_Daftar_Tabel.pdf
Download (181kB)
3193321025_Daftar_Gambar.pdf
Download (121kB)
3193321025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (196kB)
3193321025_BAB_I.pdf
Download (424kB)
3193321025_BAB_V.pdf
Download (224kB)
3193321025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (282kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu : 1) untuk mengetahui kelayakan media kliping digital dalam sejarah kerajaan Islam Indonesia oleh Heyzine, di SMA Negeri 2 Medan. 2) mengetahui keefektifan penggunaan media kliping digital terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dalam materi kerajaan Islam Indonesia di SMA negeri 2 Medan. Penelitian yang di kembangkan ini menggunakan model ADDIE yang dikembangkan Dick and Carry. Prosedur dalam pengembangan meliputi. 1) analisis, 2) perencanaan, 3) pengembangan, 4) implementasi dan 5) evaluasi. Eksperimen lapangan dilakukan di ruang kelas yang terdiri dari 34 siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Medan. Kumpulan data yang digunakan, memakai lembar penilaian angket respon dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kliping digital berbantuan Heyzine persentase ahli materi yang ditemukan layak digunakan sebagai media di sekolah dengan kriteria 91,66% “sangat valid” dan ahli media, yaitu dengan persentase 78,84% dengan kriteria “valid”, rata-rata uji coba kelompok sedang memperoleh persentase 89,5% kriteria “sangat valid”, dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase 87,99% kriteria “sangat valid”. Keberhasilan hasil belajar jika tercapai 75>% peserta didik yang mencapai KKM (75), untuk melihat hal tersebut dilakukannya uji keefektifan berdasarkan hasil pre─test dan post─test, menunjukkan hasil belajar peserta didik lebih efektif menggunakan media kliping digital dibandingkan tanpa menggunakan media kliping digital (buku teks). Nilai pre-test diperoleh berikisar 43,52% sedangkan post-test diperoleh nilai 86,47%. Berdasarkan hasil uji kelayakan serta uji keefektifan media kliping digital berbantuan heyzine berada pada kategori sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media kliping digital, Pengembangan media pembelajaran, Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 16 May 2024 07:46 |
Last Modified: | 16 May 2024 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56891 |