Pratiwi, Putri (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191121005_Cover.pdf
Download (69kB)
4191121005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (170kB)
4191121005_Abstrak.pdf
Download (300kB)
4191121005_Kata_Pengantar.pdf
Download (220kB)
4191121005_Daftar_Isi.pdf
Download (85kB)
4191121005_Daftar_Tabel.pdf
Download (346kB)
4191121005_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
4191121005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (169kB)
4191121005_BAB_I.pdf
Download (448kB)
4191121005_BAB_V.pdf
Download (123kB)
4191121005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (358kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis yang telah memenuhi kriteria pengujian kelayakan instrumen yang meliputi aspek validitas isi, validitas butir soal, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan uji respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian Borg & Gall dan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Evaluation, and Implementation). Subjek dari penelitian adalah siswa-siswi kelas XI MIPA 1 MAN Serdang Bedagai. Instrumen tes yang dikembangkan terdiri dari 10 butir soal berbentuk esai untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa yang disusun menggunakan indikator keterampilan berpikir kritis Facione yang meliputi interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, penjelasan, dan regulasi diri. Data hasil validasi isi menggunakan koefisien kesepakatan Cohen’s Kappa, diperoleh nilai kappa sebesar 0,80 dengan kriteria tinggi sehingga layak untuk di uji coba. Uji coba lapangan terbatas diperoleh 7 soal valid dan 3 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,783 kategori tinggi, tingkat kesukaran diperoleh 80% sedang, 20% mudah, daya beda diperoleh 20% sangat baik, 20% baik, 50% cukup, 10% jelek, dan respon peserta didik terhadap instrumen tes keterampilan berpikir kritis sebesar 81,82% kategori sangat baik. Uji coba lapanagan lebh luas diperoleh 8 soal valid dan 2 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,582 kategori sedang, tingkat kesukaran diperoleh 80% sedang, 20% mudah, daya beda diperoleh 30% sangat baik, 40% baik, 10% cukup, 20% jelek, dan respon peserta didik terhadap instrumen tes keterampilan berpikir kritis sebesar 78,23% kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan instrumen, keterampilan berpikir kritis, fluida statis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 16 May 2024 03:50 |
Last Modified: | 16 May 2024 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56880 |