Tarigan, Petrin Suranta (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON DAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193331013_Cover.pdf
Download (68kB)
4193331013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (836kB)
4193331013_Abstrak.pdf
Download (654kB)
4193331013_Kata_Pengantar.pdf
Download (665kB)
4193331013_Daftar_Isi.pdf
Download (714kB)
4193331013_Daftar_Tabel.pdf
Download (463kB)
4193331013_Daftar_Gambar.pdf
Download (568kB)
4193331013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (568kB)
4193331013_BAB_I.pdf
Download (913kB)
4193331013_BAB_V.pdf
Download (637kB)
4193331013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (679kB)
Abstract
Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dipahami oleh siswa. Karakteristik materi pelajaran kimia yang meliputi teori-teori yang bersifat abstrak, sifat-sifat kimia dan unsur dari senyawa yang sangat beragam, dan disertai banyak perhitungan kimia dan juga ada beberapa faktor yang disebabkan oleh guru yang hanya menggunakan metode lama dalam proses pembelajaran di sekolah dan tidak menggunakan model ataupun media yang
mendukung proses berjalannya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis media video animasi powtoon siswa pada materi larutan peyangga. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu terdiri dari kelas XI MIA 5 dan XI MIA 8 di SMA Negei 13 Medan dan masing-masing berjumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan kelas eksperimen I dan eksperimen II. Instrument tes yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar kimia siswa yang berbentuk pilihan ganda yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Untuk uji hipotesis menggunakan uji Paired Sampel T-Test dan Uji Independent Sampel T-Test. Dari hasil penelitian diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 23,35 dan untuk nilai ttabel sebesar 2,03. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis media video animasi Powtoon pada materi larutan peyangga
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Media Video Animasi Powtoon, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 May 2024 09:21 |
Last Modified: | 15 May 2024 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56871 |