PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN

Tambunan, Cahaya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111063_Cover.pdf] Text
4193111063_Cover.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 4193111063_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111063_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 4193111063_Abstrak.pdf] Text
4193111063_Abstrak.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of 4193111063_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111063_Kata_Pengantar.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 4193111063_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111063_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111063_BAB_I.pdf] Text
4193111063_BAB_I.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of 4193111063_BAB_V.pdf] Text
4193111063_BAB_V.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 4193111063_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111063_Daftar_Pustaka.pdf

Download (488kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Software Geogebra terhadap motivasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian the posttest-only control group design untuk data motivasi siswa dan pretest
posttest control group design untuk data pendukung berupa hasil belajarnya. Subjek penelitian ini yaitu Kelas VIII A berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket dan tes. Data motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa dianalisis dengan analisis deskriptif analisis inferensial. Melalui uji t pada data motivasi belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 4,355 > 2,042 sehingga �� ditolak dan �� , yang artinya terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. thitung yang bernilai positif menandakan pengaruh bersifat positif atau searah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan software Geogebra berpengaruh positif dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan dengan nilai rata-rata motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan software Geogebra adalah sebesar 76 yang termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah sebesar 67,16.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Tam p
Keywords: Discovery learning; Motivasi belajar; Geogebra; Sistem koordinat; Media pembelajaran; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 May 2024 09:11
Last Modified: 15 May 2024 09:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56870

Actions (login required)

View Item
View Item