PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNANAKAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SMAS NURUL ISLAM INDONESIA

Nasution, Ayu Wandira (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNANAKAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SMAS NURUL ISLAM INDONESIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4182111004_Cover.pdf] Text
4182111004_Cover.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4182111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4182111004_Abstrak.pdf] Text
4182111004_Abstrak.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4182111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4182111004_Daftar_Isi.pdf] Text
4182111004_Daftar_Isi.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 4182111004_BAB_I.pdf] Text
4182111004_BAB_I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 4182111004_BAB_V.pdf] Text
4182111004_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4182111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan, kepraktisan serta keefektifan dari media interaktif matematika articulate storyline 3 berbasis android pada materi matriks untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika kelas XI SMAS Nurul Islam Indonesia. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu: Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), Evaluation (E). Instrument penilaian adalah lembar angket yang digunakan untuk uji kelayakan dari produk media interaktif matematika articulate storyline 3 berbasis android. Hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan produk media interaktif matematika articulate storyline 3 berbasis android pada materi matriks di kelas XI IPA dengan kelayakan sesuai hasil penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori sangat valid, penilaian ahli media memperoleh persentase 91% dengan kategori sangat valid. Respon dari guru memperoleh persentase 83% dengan kategori sangat praktis. Untuk penilaian keefektifan media interaktif diperoleh persentase 96,67% siswa tuntas dalam rata-rata ketuntasan klasikal dan 82,6% siswa memberikan respon positif terhadap media interaktif yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Untuk penilaian pemahaman konsep matematika siswa menggunakan N-Gain menunjukkan perolehan nilai rata-rata 0.66 berkategori peningkatan sedang. Hasil uji media interaktif articulate storyline 3 berbasis android untuk sangat valid, praktis, dan efektif serta dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi matriks kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Nas p
Keywords: Android; Articulate storyline; Media interaktif; Pemahaman konsep matematika; Matriks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 May 2024 08:50
Last Modified: 15 May 2024 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56865

Actions (login required)

View Item
View Item