Sipakkar, Pelni Rodearni (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192111008_Cover.pdf
Download (40kB)
4192111008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (600kB)
4192111008_Abstrak.pdf
Download (104kB)
4192111008_Kata_Pengantar.pdf
Download (537kB)
4192111008_Daftar_Isi.pdf
Download (92kB)
4192111008_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
4192111008_Daftar_Gambar.pdf
Download (60kB)
4192111008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (72kB)
4192111008_BAB_I.pdf
Download (592kB)
4192111008_BAB_V.pdf
Download (109kB)
4192111008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (261kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang telah dikembangkan yaitu e-modul interaktif menggunakan flip pdf professional berbasis pendekatan RME yang valid, praktis, efektif dan mampu meningkatkan kemampuan visual thinking siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian yang dilakukan dengan pengembangan metode ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) RPP; (2) lembar validasi materi dan media e-modul interaktif berbasis pendekatan RME; (3) lembar validasi pretest dan posttest tes kemampuan visual thinking siswa; dan (4) angket kepraktisan respon guru dan siswa terhadap e-modul interaktif berbasis pendekatan RME. Hasil proses pengembangan e-modul interaktif berbasis pendekatan RME yaitu (1) e-modul interaktif berbasis pendekatan RME yang tergolong sangat layak dengan rata-rata kevalidan oleh ahli materi 3,53 dan kevalidan oleh ahli media 3,49; (2) peningkatan kemampuan visual thinking siswa dapat dilihat melalui rata-rata pretest pretest sebesar 40,96 menjadi rata-rata posttest sebesar 82,68 dan porelahan N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi; (3) kriteria kepraktisan e-modul interaktif berbasis
pendekatan RME yang tergolong sangat praktis dengan presentase sebesar 88,33% berdasarkan respon guru, 86,83% berdasarkan respon siswa pada uji coba kelompok kecil dan 85,56% berdasarkan respon siswa pada uji coba kelompok terbatas; dan (4) kriteria keefektifan e-modul interaktif berbasis pendekatan RME berdasarkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang diukur menggunakan tes kemampuan visual thinking dengan presentase yang dicapai sebesar 88%; (b) ketercapaian pada setiap indikator/tujuan pembelajaran yang melebihi 75%; (c) presentase respon positif siswa sebesar 85,56% dikategorikan sangat positif; dan (4) ketercepaian waktu yang dibutuhkan sama dengan pembelajaran seperti biasa dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul Interaktif, Pendekatan RME, Flip PDF Professional, Bangun Ruang Sisi Datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 May 2024 08:25 |
Last Modified: | 15 May 2024 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56862 |