PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA PRAYATNA MEDAN

Sipakkar, Pelni Rodearni (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192111008_Cover.pdf] Text
4192111008_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4192111008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192111008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of 4192111008_Abstrak.pdf] Text
4192111008_Abstrak.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4192111008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192111008_Kata_Pengantar.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 4192111008_Daftar_Isi.pdf] Text
4192111008_Daftar_Isi.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4192111008_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192111008_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 4192111008_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192111008_Daftar_Gambar.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4192111008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192111008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 4192111008_BAB_I.pdf] Text
4192111008_BAB_I.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of 4192111008_BAB_V.pdf] Text
4192111008_BAB_V.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4192111008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192111008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang telah dikembangkan yaitu e-modul interaktif menggunakan flip pdf professional berbasis pendekatan RME yang valid, praktis, efektif dan mampu meningkatkan kemampuan visual thinking siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian yang dilakukan dengan pengembangan metode ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) RPP; (2) lembar validasi materi dan media e-modul interaktif berbasis pendekatan RME; (3) lembar validasi pretest dan posttest tes kemampuan visual thinking siswa; dan (4) angket kepraktisan respon guru dan siswa terhadap e-modul interaktif berbasis pendekatan RME. Hasil proses pengembangan e-modul interaktif berbasis pendekatan RME yaitu (1) e-modul interaktif berbasis pendekatan RME yang tergolong sangat layak dengan rata-rata kevalidan oleh ahli materi 3,53 dan kevalidan oleh ahli media 3,49; (2) peningkatan kemampuan visual thinking siswa dapat dilihat melalui rata-rata pretest pretest sebesar 40,96 menjadi rata-rata posttest sebesar 82,68 dan porelahan N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi; (3) kriteria kepraktisan e-modul interaktif berbasis
pendekatan RME yang tergolong sangat praktis dengan presentase sebesar 88,33% berdasarkan respon guru, 86,83% berdasarkan respon siswa pada uji coba kelompok kecil dan 85,56% berdasarkan respon siswa pada uji coba kelompok terbatas; dan (4) kriteria keefektifan e-modul interaktif berbasis pendekatan RME berdasarkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang diukur menggunakan tes kemampuan visual thinking dengan presentase yang dicapai sebesar 88%; (b) ketercapaian pada setiap indikator/tujuan pembelajaran yang melebihi 75%; (c) presentase respon positif siswa sebesar 85,56% dikategorikan sangat positif; dan (4) ketercepaian waktu yang dibutuhkan sama dengan pembelajaran seperti biasa dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul Interaktif, Pendekatan RME, Flip PDF Professional, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 May 2024 08:25
Last Modified: 15 May 2024 08:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56862

Actions (login required)

View Item
View Item