Magdalena, Nathania (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2016/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM .7113142038 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2.NIM. 7113142038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
4.NIM.7113142038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3.NIM.7113142038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5.NIM.7113142038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6.NIM.7113142038 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7.NIM.7113142038 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8.NIM.7113142038 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9.NIM.7113142038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13.NIM.7113142038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14.NIM.7113142038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan model pembelajaran Modelling The Way pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah peneltian eksperimen dengan populasi seluruh keas XI SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan total sampling yang terdiri dari kelas eksperimen I 30 orang dan kelas eksperimen II 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji Lilifors, uji homogenitas menggunakan uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila thitung > ttabel pada α = 0,05.
Dari hasil analisis data dan perhitungan diperoleh nilai rata-rata postest pada kelas Eksperimen I 88 dengan standard deviasi 9,52, dan kelas Eksperimen II diperoleh rata-rata 81,7 dengan standar deviasi 9,5. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α= 0,05. Pada postest hasil belajar diperoleh thitung= 2,763 sedangkan ttabel = 1,672 dengan thitung> ttabel, sehingga Ha diterima.
Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Modelling The Way kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 P.AKT 011 |
Keywords: | Model pembelajaran Creative Problem Solving;model pembelaran Modelling The Way; Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 02:43 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5686 |