Pengaruh Model Pembelajaran E-leraning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mengolah Makanan Indonesia SMK Swasta Putra Anda Binjai

Husna, Lailatul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran E-leraning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mengolah Makanan Indonesia SMK Swasta Putra Anda Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5143142013 COVER.pdf] Text
1. NIM 5143142013 COVER.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 2. NIM 5143142013 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5143142013 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 5143142013 PREFACE.pdf] Text
3. NIM 5143142013 PREFACE.pdf

Download (757kB)
[thumbnail of 4. NIM 5143142013 ABSTARCT.pdf] Text
4. NIM 5143142013 ABSTARCT.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of 5. NIM 5143142013  TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5143142013 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 6. NIM 5143142013  TABLES.pdf] Text
6. NIM 5143142013 TABLES.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 7. NIM 5143142013  APPENDICES.pdf] Text
7. NIM 5143142013 APPENDICES.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 8. NIM 5143142013 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 5143142013 CHAPTER I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 5143142013 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 5143142013 CHAPTER V.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of 13. NIM 5143142013 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 5143142013 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (635kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom pada pelajaran Mengolah Makanan Indonesia; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Powerpoint pada pelajaran Mengolah Makanan Indonesia; (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Mengolah Makanan Indonesia. Desain penelitian adalah quasi eksperimen. Tempat penelitian di SMK Swasta Putra Anda Binjai. Waktu penelitian mulai bulan September-November 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 61 siswa. Pengambilan sampel secara Total Sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran E-Learning dengan Aplikasi Google Classroom pada pelajaran Mengolah Makanan Indonesia termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 64,51 persen. Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran power point pada pelajaran Mengolah Makanan Indonesia termasuk kategori cenderung cukup sebesar 73,34persen. Berdasarkan hasil uji t terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran E-Learning menggunakan Aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Mengolah Makanan Indonesia dengan nilai thitung> ttabel yaitu (20,15 > 1,671) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya model pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Mengolah Makanan Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; E-learning; Aplikasi google classroom
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 May 2024 08:18
Last Modified: 15 May 2024 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56857

Actions (login required)

View Item
View Item